Inilah Perbedaan SEO dan SEM, Yuuk Pahami Agar Tidak Salah Strategi!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 09:49 WIB
0
108
Inilah Perbedaan SEO dan SEM, Yuuk Pahami Agar Tidak Salah Strategi!
SEO dan sem

Pepnews - Banyak di antara mereka yang salah mengartikan bahwa SEO dan SEM ini adalah hal yang sama. Hal ini dikarenakan SEO dan SEM memiliki tujuan yang sama, yaitu agar mendapatkan banyak pengunjung pada website yang biasanya diharapkan agar bisa pengunjung membeli produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan atau perorangan, selain itu juga SEO dan SEM memiliki sarana pemasaran yang sama persis, yaitu artikel.

Namun, sebenarnya SEO dan SEM memiliki beberapa perbedaan. Sebelum kita membahas mengenai perbedaan yang ada di antara keduanya ini, kita akan bahas dulu mengenai pengertian dari SEO dan SEM.

BACA JUGA : Mengapa SEO Penting Untuk Bisnis Online

Pengertian SEO dan SEM

SEO

SEO atau search engine optimization adalah sebuah strategi digital marketing yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan agar website perusahaan muncul di posisi paling atas hasil search engine google. SEO ini juga dilakukan untuk menaikan jumlah kunjungan website secara organik.

SEM

SEM atau search engine marketing adalah sebuah strategi digital marketing yang digunakan untuk bertujuan mengoptimasi website agar muncul di peringkat pertama search engine google dengan cara memanfaatkan iklan. Dengan kata lain penerapan teknik SEM ini membutuhkan trik untuk melakukan iklan yang sesuai dengan metode yang ada.

BACA JUGA : Bagaimana Mengembangkan Bisnis Digital Marketing Untuk Pemula?

Perbedaan SEO dan SEM

Target Audiens

Dengan menggunakan teknik Search Engine Marketing (SEM), Anda juga bisa memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori usia, jenis kelamin, wilayah dan juga yang lainnya hal ini sangat lebih baik dibandingkan dengan SEO. Karena dengan SEM sebelum kita menayangkan iklan kita bisa mengatur audiens seperti apa yang akan melihat iklan kita dan dari wilayah mana saja sesuai setingan, maka dari itu target audiens dalam Search Engine Marketing lebih jauh lebih sangat terukur.

Sedangkan dalam penerapan teknik Search Engine Optimazation (SEO), Anda tidak dapat melakukan setingan target audiens. Harus ada sebuah konten yang perlu dinaikkan ke website terlebih dahulu, baru anda bisa melakukan analisis apakah postingan konten yang telah dibuat sudah sesuai kaidah dan target audiens yang Anda inginkan. Jika tidak, maka Anda bisa memperbaiki konten yang ada dan melakukan optimasi lagi.

Tampilan

Ketika Anda melakukan Teknik SEM, artikel atau sebuah website yang anda pasang itu akan muncul tulisan iklan di ujung kiri judul artikel anda pada mesin pencarian google. Jadi, para calon pengunjung web anda akan mengetahui bahwa website atau artikel anda yang Anda di peringkat pertama itu merupakan sebuah iklan.

Jangka Waktu

SEO ini akan memberikan dampak optimasi yang sangat lama, karena teknik ini memerlukan proses evaluasi dan merancang strategi yang sangat tepat. Sedangkan SEM akan memberikan dampak optimasi yang lebih cepat.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa SEM ini hanya akan bertahan di pencarian sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh kita. Berbeda dengan SEO yang akan secara terus menerus ada di peringkat atas sesuai dengan perkembangan algoritma google, dengan catatan anda harus berhasil untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian Google

BACA JUGA : 4 Alasan Anda Memerlukan Digital Marketing Agency

Anggaran

Di antara perbedaan yang paling terlihat antara Serach Engine Optimazation dan Search Engine Marketing adalah dalam segi biaya atau anggaran. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa teknik SEM ini merupakan sebuah iklan, maka dari itu jika anda ingin menggunakan teknik SEM Anda harus menyiapkan biaya yang sudah ditentukan untuk sebuah jangka waktu iklan tersebut tayang dalam pencarian google.

Snggaran yang anda sediakan juga tidak sedikit. Sedangkan bagi yang menggunakan teknik SEO, Anda tidak harus lagi mengeluarkan biaya sepeser pun. Sederhananya Vidmate Cash ini gratis tidak ada biaya yang dikeluarkan dan SEM itu berbayar.

Potensi CTR (Click Through Rate)

Potensi CTR SEO ini tentu lebih besar dibandingkan dengan teknik SEM. Kedua strategi tersebut memang memiliki tujuan akhir yang sama yaitu muncul di peringkat pertama halaman pencarian google. Namun, kemungkinan banyak orang melakukan klik pada iklan lebih sedikit dibanding hasil optimasi SEO.

Hal ini juga disebabkan karena orang-orang cenderung tidak suka dengan tulisan iklan yang muncul di pencarian google ini, ditambah juga dengan pemikiran bahwa link SEM ini hanya berisi iklan biasa dan belum tentu hal ini sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan.

Sumber : jasa seo