E-Marketing [34] Cara Memasarkan Bisnis atau Layanan Profesional Anda di Era Digital

Jumat, 17 Januari 2020 | 09:43 WIB
0
83
E-Marketing [34] Cara Memasarkan Bisnis atau Layanan Profesional Anda di Era Digital
ilustr: Digitalist Magazine

Pengantar

Kita hidup di masa ketika pengaruh luas dari media dan saluran digital yang mencakup segalanya mengubah cara bisnis, masyarakat, dan individu berfungsi. Memang, tidak ada hari berlalu tanpa kebanyakan dari kita memeriksa media sosial dan internet untuk berita dan hiburan.

Terlebih lagi, dengan Mobile Commerce yang diaktifkan oleh smartphone yang diatur untuk tumbuh secara eksponensial di masa depan, tidak ada bisnis atau dalam hal ini para profesional lepas dapat mampu tanpa memasarkan produk dan layanan mereka di ruang media beragam yang disediakan oleh era digital.

Anda Tidak Mampu Tanpa Kehadiran Media Sosial

Untuk memulai, apakah anda adalah bisnis besar atau kecil atau mulai sebagai freelancer atau berpengalaman, anda tidak mampu tanpa kehadiran media sosial yang memasarkan produk dan layanan anda. Memang, tidak ada bisnis yang bisa tanpa akun di Facebook, Twitter, dan outlet media sosial lainnya.

Selain itu, tidak ada profesional yang mampu tanpa akun LinkedIn, tidak peduli apakah ia seorang freelancer atau profesional yang bekerja. Meskipun ada beberapa yang masih menghindari media sosial dan LinkedIn, tidak ada yang membantah fakta bahwa siapa pun yang serius tentang jaringan dan mengembangkan bisnis mereka dapat mengabaikan media sosial.

Bermigrasi ke Revolusi Smartphone

Selanjutnya, lebih baik bagi semua bisnis untuk bermigrasi ke revolusi seluler juga dan ini dapat terjadi dengan meluncurkan aplikasi atau mempromosikan bisnis seseorang di aplikasi agregator.

Perbedaan penting antara keduanya adalah bahwa yang pertama adalah eksklusif untuk bisnis sedangkan yang kedua berarti bahwa bisnis anda berbagi ruang pemasaran di agregator dengan bisnis lain.

Memang, bahkan freelancer perlu mempromosikan layanan mereka, dan sementara kami tidak merekomendasikan meluncurkan aplikasi khusus, sangat disarankan untuk mempromosikan layanan anda pada platform untuk freelancer.

Memiliki Kehadiran Media Sosial Tidak Cukup

Ketiga, tidak cukup hanya dengan kehadiran media sosial atau aplikasi untuk produk dan layanan anda. Aspek kunci yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan upaya tersebut terletak pada seberapa baik anda dapat mempromosikan bisnis atau layanan anda dengan memanfaatkan kehadiran yang anda miliki di media tersebut.

Memang, mempromosikan halaman Facebook seseorang atau akun Twitter atau aplikasi berarti anda harus mendaftar sebanyak mungkin "pengguna awal" yang dapat diminta untuk meninjau produk atau layanan anda dan memberikan peringkat berdasarkan tingkat kepuasan mereka.

Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan sampel produk anda kepada mereka atau menyelesaikan tugas untuk mereka yang akan memastikan bahwa ulasan pengalaman muncul di akun media sosial atau aplikasi anda.

Jika anda tidak ingin mengambil rute ini, anda harus mengundang orang sebanyak mungkin untuk "like" halaman Facebook anda, ikuti akun Twitter anda, atau gunakan aplikasi anda yang memiliki beberapa ruang untuk peringkat sebelum atau setelah anda menggunakan yang sama.

Ini adalah metode yang lebih disukai bagi mereka yang memulai bisnis mereka atau memulai kehidupan sebagai freelancer karena jenis promosi semacam itu hemat biaya selain berurusan dengan kurangnya pengguna atau basis pelanggan yang memadai.

Faktor Penentu Keberhasilan Pemasaran Digital

Terlepas dari ini, waktu respons terhadap pertanyaan di semua outlet ini adalah penentu keberhasilan berikutnya. Jika anda menanggapi pertanyaan dan umpan balik positif dan negatif dalam waktu singkat, maka orang-orang yang telah mengirimkan umpan balik atau nilai tersebut akan segera tahu bahwa anda serius dengan bisnis atau layanan anda.

Selain itu, ada elemen meminta individu terkenal untuk menilai layanan anda dan memberikan testimoni. Memang, ini mungkin aspek yang paling penting untuk bisnis menengah yang ingin masuk ke liga besar karena dukungan selebriti dan testimonial akan menambah "bobot" untuk kampanye promosi anda.

Kebijaksanaan Kerumunan dan Kekuatan Jaringan

Poin penting lain yang perlu diingat adalah bahwa era digital bekerja melalui jaringan dan Wisdom of Crowds.

Untuk menjelaskan, bisnis atau layanan anda harus memiliki banyak suka, dan peringkat sebanyak mungkin karena pengguna lain yang mengikuti pengadopsi awal dan pengguna lambat dapat segera merasakan bahwa anda menawarkan produk atau layanan yang digunakan oleh sejumlah besar pelanggan .

Memang aspek kembar membangun jaringan besar mungkin dan meminta mereka semua untuk meninjau dan menilai produk dan layanan anda berjalan jauh menuju keberhasilan kampanye pemasaran anda.

Lebih lanjut, paradigma Wisdom of Crowds berarti bahwa pengguna akhir untuk produk atau layanan anda sering mendaftar untuk layanan anda setelah mereka menyadari bahwa anda memiliki ribuan pengikut di media sosial dan aplikasi anda telah diunduh berkali-kali dan diberi peringkat yang sesuai.

Kesimpulan

Kunci pemasaran dan promosi di media digital adalah kita harus agresif dengan segala cara. Apakah itu memerlukan mengikuti orang sampai mereka mengikuti akun Twitter anda, mengundang hampir semua orang menyukai halaman Facebook anda, atau menindaklanjuti dengan pelanggan, teman, dan rekan-rekan anda untuk menilai aplikasi anda sampai upaya mencapai dataran tinggi, kuncinya adalah agresi dan dalam promosi wajah anda.

Dengan kata lain, orang tidak perlu malu untuk mengirim undangan di Facebook dan mengirimkan sebanyak mungkin peringatan dan pesan untuk bertanya kepada pelanggan dan pengguna apakah mereka ingin pemberitahuan dan pesan promosi ke email dan akun media sosial mereka.

Sebagai kesimpulan, kunci keberhasilan media digital adalah dalam “Carpet Bombing” penerima sampai mereka mendaftar untuk menggunakan layanan anda dan memastikan bahwa mereka membeli produk anda.

***
Solo, Jumat, 17 Januari 2020. 9:26 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko