E-Marketing [22] Perlunya Penetapan Tujuan dan Pengukuran Bisnis

Jumat, 29 November 2019 | 06:27 WIB
0
214
E-Marketing [22] Perlunya Penetapan Tujuan dan Pengukuran Bisnis
ilustr: Kaplan Financial Education

Menetapkan Tujuan dan Pengukuran Bisnis Diperlukan Sebelum Memulai Implementasi E-Marketing

Membuat halaman web dan mempromosikan bisnis online telah menjadi kebutuhan untuk semua organisasi bisnis, terlepas dari ukuran organisasi dan bisnis. Setiap menit, berjuta orang dari seluruh dunia mengakses internet dan mencari produk dan informasi. Beberapa ribu dari mereka mungkin mencari produk atau layanan yang anda pasarkan. Ini berarti anda harus tersedia dan juga menjadi yang pertama untuk menjangkau pelanggan tersebut. Jika pesaing anda telah menetapkan toko di internet, apakah anda punya pilihan selain mengikuti? Oleh karena itu, kebutuhan akan strategi E-Marketing dan rencana bisnis mudah diterima dan dianut oleh manajemen semua organisasi bisnis.

Ketika anda memulai proses mencari tahu rincian tentang bagaimana, apa, kapan dan mengapa pemasaran online, anda perlu membuat rencana komunikasi dan promosi serta anggaran juga. Penting untuk membangun anggaran biaya pemasaran online. Ini saja tidak akan cukup ketika anda mengirimkan hal yang sama kepada manajemen untuk disetujui. Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh manajemen dan bos besar. Untuk dapat menjawab pertanyaan, anda perlu menyusun rencana terperinci tentang cara mengukur kinerja, membandingkan kinerja situs web, dan lain-lain. Fungsi manajemen juga melibatkan pengumpulan, analisis, dan asimilasi data untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat dan mencapai tujuan bisnis.

Perusahaan SEO yang anda libatkan untuk membangun, menghosting dan mengelola situs web anda akan dapat menawarkan kepada anda daftar laporan dengan frekuensi yang diinginkan oleh anda. Jumlah laporan seperti laporan peringkat, pengindeksan, laporan lalu lintas dan banyak laporan terkait lainnya dapat dibuat dengan mudah. Tetapi laporan teknis ini hampir tidak dapat menambah nilai sampai dan kecuali anda telah mengerjakan persyaratan data sebagaimana diperlukan oleh berbagai kelompok bisnis organisasi anda.

Melalui laporan anda akan dapat memahami perilaku pelanggan, harapan, dan mengenal pelanggan anda dengan lebih baik. Anda dapat mengetahui tentang kebutuhan pelanggan anda secara spesifik yang dapat sangat bermanfaat bagi divisi produk anda yang akan dapat menyesuaikan produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Bagian penjualan mendapat manfaat dari mengetahui kapan, bagaimana dan apa yang akan dibeli oleh pelanggan dan dengan demikian menemukan cara dan cara untuk mengubah prospek menjadi penjualan.

Departemen manajemen hubungan pelanggan akan menemukan data yang sangat berguna karena membantu mengelola harapan pelanggan, membangun hubungan serta kesetiaan. Departemen komunikasi pemasaran ingin mengetahui keefektifan komunikasi online, serta rincian pemirsa, dan lain-lain. Strategi lebih lanjut untuk mengintegrasikan TV dan media cetak dan melakukan kampanye penjualan promosi serta peluncuran produk baru, dan lain-lain. Dapat direncanakan berdasarkan data laporan .

Akhirnya, ketika manajemen memutuskan untuk berinvestasi ke dalam rencana E-Marketing, penting untuk mengidentifikasi dan menyatakan tujuan bisnis, daftar target yang dapat dicapai dan metrik untuk menilai kinerja. Kejelasan seperti itu membantu dalam membangun dan menerapkan strategi pemasaran online.

***
Solo, Jumat, 29 November 2019. 6:16 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko