Tips Memilih Lokasi Real Estate Sebelum Berinvestasi

Senin, 20 Mei 2024 | 18:03 WIB
0
47
Tips Memilih Lokasi Real Estate Sebelum Berinvestasi
image : time.com

Saat punya rencana berinvestasi di real estate, Anda perlu menetapkan tujuan untuk diri anda sendiri yaitu menghasilkan keuntungan besar. Namun bagaimana cara mencapai tujuan tersebut?

Berikut ini adalah faktor utama yang akan menentukan lokasi yang harus Anda pilih ketika berinvestasi di Real Estate.

1. Tren pasar perumahan di wilayah tersebut

Sebelum berinvestasi di bidang Real Estate, sebaiknya Anda mulai mencari area yang berpotensi kenaikan harga. Menemukan lokasi di dekat sekolah, rumah sakit, dan gedung perkantoran yang berkembang di sekitarnya adalah awal yang baik. Semua faktor ini akan berkontribusi untuk membuat investasi Anda sukses. Itu sebabnya ketika melihat potensi Real Estate, Anda juga perlu mempertimbangkan kawasan sekitarnya. Akan sangat buruk jika Anda membeli Properti dengan harga mahal hanya untuk mengetahui bahwa sebagian besar Properti di kawasan tersebut kosong. Salah satu lokasi real estate di daerah Depok adalah Shila at Sawangan.

2. Kebutuhan pembeli/penyewa real estate

Untuk menghasilkan uang dari investasi Real Estat, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan calon pembeli atau penyewa. Calon pembeli dan penyewa yang berpasangan akan mencari lokasi di dekat sekolah, taman, pusat rekreasi dan toko kelontong, dll. Area yang nyaman bagi mereka untuk membesarkan anak. Pelajar akan lebih tertarik pada lokasi yang dekat dengan sekolah, kafe dan halte bus, dll. Oleh karena itu, sangat penting untuk berinvestasi berdasarkan kebutuhan calon penyewa dan pembeli. Penyewa dan pembeli rumah akan bersedia membayar harga lebih tinggi di lokasi yang memenuhi kebutuhan mereka.

3. Keuangan

Sebelum berinvestasi di Real Estat, penting untuk mempertimbangkan keuangan Anda. Untuk membeli properti, Anda harus menyiapkan uang yang cukup setidaknya untuk uang muka. Semakin besar uang muka, semakin kecil cicilan pinjaman bulanan Anda, sehingga penghasilan bulanan Anda akan semakin besar. Namun, investor berpengalaman akan selalu menyiapkan anggaran cadangan untuk digunakan bila diperlukan. Investasi Real Estat adalah bisnis yang berisiko dan menimbulkan biaya yang tidak terduga. Oleh karena itu, memiliki anggaran cadangan akan membantu Anda menghadapi masalah mendadak yang muncul selama masa investasi.

4. Kondisi Properti

Sekalipun Real Estate terletak di lokasi yang indah, namun jika banyak cacatnya juga akan menimbulkan resiko yang lebih besar. Oleh karena itu, periksa setiap “sudut dan celah” sebelum membeli Real Estate. Investor Real Estat veteran selalu menyarankan bahwa ketika mencari potensi Real Estat, Anda harus menemui properti tersebut secara langsung dengan profesional Real Estat untuk memeriksa semuanya, mencari kesalahan apa pun. Semakin sering Anda memeriksanya, semakin kecil kerentanan Anda terhadap situasi tak terduga yang muncul. Kesalahan umum yang dilakukan investor baru adalah mereka tertarik dengan gambar iklan real estat dan membuat keputusan yang sangat emosional.

Penting untuk dipahami bahwa untuk menjual properti, penjual dan broker akan mencari segala cara untuk membuat Real Estate terlihat lebih menarik di mata Anda, termasuk menyembunyikan cacat. Oleh karena itu, periksalah Properti dengan cermat dan nilai apakah cacat tersebut dapat diperbaiki dengan biaya yang wajar. Lebih sedikit kerusakan berarti Anda tidak perlu melakukan renovasi yang mahal dan laba atas investasi Anda akan lebih tinggi.