Kreativitas

Kreativitas yang dimaksud di sini bukan hanya kreativitas perihal estetika, coolness, atau yang berkaitan dengan tampilan.

Sabtu, 1 Januari 2022 | 16:52 WIB
0
128
Kreativitas
Strategi Bisnis (Foto: dreambox.id)

Menjadi bahasan penting dan seksi saat ini, kenapa?

Kemajuan teknologi digital mengubah semuanya, menjadi lebih cepat, lebih akurat, lebih detil, dan seterusnya sampai lebih menakutkan. Lho koq?

Disrupsi - atau disruption, menjadi kata yang sering sekali digunakan oleh para pebisnis yang megap-megap mencari nafas saat berdesakan dengan pemain baru yang menggencet bisnis mereka. 

Situasi inilah yang akhirnya membutuhkan - jalan keluar, atau solusi atau apalah. Yang penting bagaimana caranya bisnis yang sudah jaya bertahun-tahun ini tidak kolaps dan tak berdaya saat dilindas kecanggihan teknologi.

Dari banyak kisah yang bisa kita lihat, tidak sedikit koq perusahaan yang berusaha dan berjibaku menyelamatkan diri dari tren perubahan ini.

Cara menyelamatkan dirinya pun sangat beragam.. mulai dari ganti logo, ganti bidang usaha, ganti CEO, ganti teknologi, ganti skema, ganti gedung.. dan lainnya bahkan ganti mitra bisnis.

Semua upaya perubahan - dan ganti-ganti inilah, yang membutuhkan ide solusi dan pemikiran kreatif. Kenapa? karena kemajuan teknologi digital ini tidak bisa dikalkulasi probabilitas kebenarannya. Sangat agile sekali... akhirnya untuk perusahaan yang besar, gendut, dan lamban.. tentu akan butuh strategi khusus untuk mencari jalan keluar.

Kreativitas yang dimaksud di sini bukan hanya kreativitas perihal estetika, coolness, atau yang berkaitan dengan tampilan. Tapi juga kreativitas yang berhubungan dengan ide, gagasan, dan pemikiran.

Yang sering disebut dengan kemampuan creative thinking. Tim kerja yang baik, butuh kemapuan ber-creative thinking ini, selain untuk survive juga untuk adaptasi dalam situasi yang selalu berubah hari demi hari. 

Sementara bagi pengusaha atau pebisnis yang masih bertahan dengan cari berfikir lama? Ya siap-siap saja kehabisan nafas lalu terlupakan dan mati perlahan-lahan.

***