4 Fungsi Utama Sebuah Website, Berikut Penjelasannya

Website juga dapat berfungsi sebagai media promosi, pemasaran, dan transaksi.

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:26 WIB
0
165
4 Fungsi Utama Sebuah Website, Berikut Penjelasannya
Situs Web (Foto: jmc.co.id)

Fungsi utama dari sebuah website adalah sebagai media informasi bagi masyarakat. Dengan adanya sebuah website, kita bisa dengan mudah untuk mencari dan sekaligus memberikan sebuah informasi. Membuat desain website yang menarik juga penting agar pengunjung website dapat dengan mudah menyerap dan memahami informasi atau konten yang mereka terima dari website.

 “Orang itu sebenarnya cenderung lebih menganggap website hanya sebagai cara untuk mendapatkan informasi / mungkin sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli online atau e-commerce. Tapi sungguh, web adalah tentang mengakses aplikasi. Pikirkan setiap situs web sebagai aplikasi, dan setiap klik, setiap interaksi dengan situs itu, adalah peluang untuk menggunakan versi terbaru dari aplikasi itu.” – menurut Marc Andreessen

Seiring berkembangnya ilmu, teknologi dan pengetahuan, informasi tersebut disimpan di dunia maya dalam setiap detiknya. Dengan adanya bantuan teknologi website, kita bisa juga menemukan berbagai macam informasi penting dan berita terbaru dari seluruh dunia.

Jika sebuah website dianggap sebagai sebuah aplikasi, maka setiap akses yang dilakukan terhadap sebuah website merupakan peluang untuk selalu up-to-date dengan versi terbaru (atau bisa diartikan sebagai informasi terbaru).

Meskipun fungsi utama dari sebuah website adalah untuk menyediakan informasi, ada fungsi lain dari sebuah website. Juga berfungsi sebagai media komunikasi, hiburan, pendidikan, dan bisnis. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang fungsi sebuah website:

Media untuk Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dan biasanya merupakan komunikasi dua arah, dimana kedua belah pihak saling mengirim dan menerima pesan. Situs yang menjadi media komunikasi biasanya menyediakan fitur seputar email, chatroom, dan kotak komentar (seperti Kaskus).

Media yang digunakan untuk Hiburan

Situs game online, situs musik online, situs tv live streaming, dan situs streaming film, adalah situs web yang menyediakan konten yang menghibur bagi penggunanya. Situs yang berisi komik dan bacaan menghibur lainnya juga termasuk dalam kategori ini.

Media yang digunakan untuk Pendidikan

Terkadang, informasi yang disediakan dalam sebuah pembuatan website dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran dan layak untuk didistribusikan, seperti informasi tentang politik, ekonomi, sains, sosial budaya, dan banyak lagi.

Media yang digunakan untuk Bisnis

Website juga dapat berfungsi sebagai media promosi, pemasaran, dan transaksi. Website itu bisa menghubungkan perusahaan, pelanggan atau konsumen, dan komunitas tertentu. Dengan cara SEO, sebuah bisnis juga bisa memperluas target pasarnya lebih luas. Mereka bisa menyebarkan nama mereka ke seluruh dunia.

**"