7 Cara Mudah untuk Menjadi Digital Marketer

Belajar selalu menjadi nilai inti untuk profesi apa pun dan bahkan untuk pemasaran digital, belajar tidak boleh berhenti bahkan setelah kita lulus.

Rabu, 27 April 2022 | 21:34 WIB
0
34
7 Cara Mudah untuk Menjadi Digital Marketer
image : merchant.id

Saat ini, kehidupan masyarakat didominasi oleh teknologi digital. Teknologi merayap ke dalam cara kita bekerja setiap hari atau bahkan berbelanja online. Hal ini secara tidak sengaja telah mendorong pemasaran digital menjadi prioritas utama bisnis dan organisasi untuk menangkap selera dan keuntungan pelanggan.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi perusahaan pemasar digital yang dicari?

7 cara menjadi pemasar digital (digital marketer) yang sukses

1. Menghadiri acara terkait pemasaran digital

Meskipun pengetahuan dan informasi pemasaran digital tersedia secara luas di Internet, meluangkan waktu untuk menghadiri acara tertentu (konferensi, seminar, dll.) memberikan manfaat berbeda yang tidak dapat Anda temukan di Internet. Misalnya, pada konferensi atau acara besar yang terkait dengan pemasaran digital, kita akan berkesempatan mendengarkan sharing dan saran dari pakar industri.

Para ahli mengatakan bahwa cara terbaik untuk memperoleh pengetahuan pemasaran digital adalah melalui model kelas atau model visual untuk mendapatkan gambaran umum dan menangkap tren industri dengan cara terbaik. Selain itu, konferensi ini juga merupakan kesempatan untuk membangun hubungan dan jejaring sosial.

2. Belajar dari merek dan pengusaha lain menggunakan pemasaran digital

Jika Anda sedang mempertimbangkan atau baru memulai pemasaran digital, belajar dari merek dan pakar terkemuka akan memberi Anda arahan dan latar belakang pengetahuan. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengalaman yang berspesialisasi dalam membuat konten digital yang dapat diakses untuk pemula. Mereka juga akumulator diri dan mempelajari keterampilan pemasaran digital dalam proses pelatihan diri, sehingga mereka tahu masalah yang sering dihadapi pemula.

Anda mungkin pernah melihat artikel dari pakar pemasaran digital seperti Neil Patel atau penyedia perangkat lunak SaaS HubSpot, semuanya ditujukan untuk industri baru, membantu kami mencapai tujuan Anda sebagai pemasar digital sejati.

3. Berkolaborasi dengan orang-orang yang berpikiran sama

Sebagai pemasar digital, sebagian besar yang harus kita lakukan adalah menumbuhkan komunitas online. Baik itu seputar merek pribadi Anda atau untuk organisasi internasional, komunitas ini bisa menjadi sangat kuat. Jadi mengapa kita tidak bergabung dengan komunitas pemasar digital di mana setiap orang memiliki minat yang sama? Komunitas dalam pemasaran digital, baik online maupun offline, akan membawa informasi dan pengetahuan yang berguna untuk membantu kita beradaptasi dengan "gambaran besar" bisnis dan strateginya.

4. Magang di pemasaran digital

Seperti halnya magang, pemasaran digital juga memberikan paparan lingkungan profesional di mana Anda akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan Anda. Magang memang seringkali sulit, tetapi ketika kita dihadapkan pada orang-orang yang berpengalaman, kita sendiri dapat belajar banyak hal, bahkan dari kegagalan dan keberhasilan mereka. Ini juga merupakan kesempatan untuk mencoba membantu kita menilai diri sendiri, mengidentifikasi kemampuan dan keterbatasan dalam profesi.

5. Menjadi anggota organisasi profesional yang terkait dengan pemasaran digital

Pemasaran digital adalah industri yang tidak penting dan terus berkembang. Menjadi anggota agen pemasaran digital profesional dapat membantu Anda menonjol dari persaingan ketika menemukan pekerjaan impian Anda di kemudian hari. Seringkali, menjadi bagian dari badan profesional hanya dapat dicapai setelah menyelesaikan program sertifikat singkat. Untuk pemasar digital, kursus pelatihan Sertifikat Profesional Pemasaran Digital dapat membantu Anda menjadi pakar pemasaran digital yang diakui secara luas. Kursus-kursus ini biasanya mencakup aspek-aspek penting dari pemasaran digital, termasuk: SEO, pemasaran PPC, pemasaran email, dan manajemen media sosial.

6. Tetap up to date dengan keadaan industri pemasaran digital saat ini

Faktanya, program, aplikasi, dan platform media sosial selalu berkembang bersama, yang merupakan cara pemasar digital akan terlibat dengan audiens. Dari mengikuti tren baru dari masyarakat, atau singkatan populer anak muda hingga kecerdasan buatan (AI) dll. semua berdampak pada pekerjaan pemasar digital. Mereka berubah di kedua bidang, konten dan nilai, sehingga pemasar perlu beradaptasi dengan cepat untuk bereaksi dengan cepat dan mengikuti selera.

7. Belajar dan berkultivasi tanpa henti

Belajar selalu menjadi nilai inti untuk profesi apa pun dan bahkan untuk pemasaran digital, belajar tidak boleh berhenti bahkan setelah kita lulus. Berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan pemasaran digital membantu Anda menjadi pemasar digital yang luar biasa dengan beragam keterampilan dan keahlian. Seperti disebutkan di atas, industri pemasaran digital terus meningkat dan menegaskan posisinya, yang berarti Anda memerlukan halaman pengetahuan yang mendalam untuk dapat menonjol dan kompetitif, bersaing dengan kandidat lain.

Untuk meningkatkan potensi diri anda di bidang Digital Marketing, anda bisa mengikuti program pelatihan melalui kelas online yang praktis dan tidak mengganggu aktifitas anda. Beberapa perusahaan jasa penyedia pelatihan pemasaran antara lain harisenin.com kelas online terbaik yang bisa anda ikuti.

Demikianlah semoga bermanfaat..