4 Manfaat Besi Beton Sebagai Pondasi Rumah

Selasa, 30 Maret 2021 | 13:54 WIB
0
298
4 Manfaat Besi Beton Sebagai Pondasi Rumah
Intip 4 Manafaat Besi Beton Sebagai Fondasi Rumah

Beton memiliki fungsi yang beragam bagi sebuah bangunan, salah satunya sebagai material pondasi.

Besi beton merupakan salah satu bahan dasar terpenting dari sebuah bangunan, karena sangat berpengaruh pada ketahanan dan keamanan sebuah bangunan. Beton memiliki fungsi yang beragam bagi sebuah bangunan, salah satunya sebagai material pondasi. Dengan karakter material yang kuat dan ringan, beton dianggap mumpuni sebagai bahan baku pembuatan dasar bangunan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian beton:

Baca Juga: Tips Memilih Besi untuk Interior Rumah Industrial

  1. Dasar Pondasi Untuk Bangunan  Bertingkat
    Struktur bangunan bertingkat berbeda dengan bangunan berlantai tunggal, hal tersebut dikarena bangunan yang bertingkat memiliki beban yang lebih berat sehingga beban yang ditopangpun akan mengikuti, sesuai jumlah tingkatannya. Oleh karena itu, besi beton memegang peran penting, sebab memilik kemampuan yang baik dalam menahan beban.

  2. Berfungsi Sebagai Rangka Untuk Tangga
    Beton memiliki khas struktur yang ringan namun kokoh sehingga dijadikan sebagai komposisi utama dari pembuatan tangga ataupun sekat pada tiap lantai sebuah rumah. Hal tersebut karena beton mampu menyesuaikan berbagai macam model tangga dan bentuk esain tangga, mulai dari tangga berbentuk plat, lempengan, hingga batangan padat dan berongga.

  3. Daya Ikat yang Kuat
    Daya ikat sebuah pondasi akan menentukan seberapa aman sebuah bangunan, adanya ikatan yang tidak kuat pasti akan beresiko membuat bangunan mudah hancur dan keropos. Penggunaan besi beton dipilih karena memiliki fungsi yang sempurna dalam daya ikat karena telah dipadukan dengan besi tulangan yang mana dapat menghasilkan perpaduan pondasi yang baik dan juga tahan lama, sehingga rangka bangunan tidak akan cepat rusak.

  4. Meningkatkan Daya Lekat
    Adanya daya lekat pada besi beton memungkinkan bangunan untuk tetap berdiri teguh, walaupun terjadi gempa dikarenakan besi beton mampu menahan dan menyesuaikan getaran yang datang dari rangka bangunan.

Baca Juga: Tips Membuat Mezzanine Menggunakan Besi Beton

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat fungsi beton bagi sebuah bangunan. Penggunaan besi beton sebagai podasi memang telah diakui. Terlebih lagi beton sangat mudah untuk ditemukan, dengan ragam bentuk dan spesifikasi yang bisa mengikuti kebutuhan bangunan, serta diedarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai beton, Anda dapat mengunjungi KPS Steel.