Pelajaran Terbesar di Dua Hari Terakhir Ini

Jumat, 5 Oktober 2018 | 20:24 WIB
0
702
Pelajaran Terbesar di Dua Hari Terakhir Ini

1. Bias kelompok akan begitu cepat terjadi, ketika kita harus menerima fakta tentang kebenaran dari kelompok yang berseberangan dengan kita. Ada baiknya, kita bisa melatih diri, untuk senantiasa melihat kebenaran, meskipun harus dari orang yang tidak berada dalam kelompok kita.

2. Memaafkan, adalah kata yang sangat mudah diucapkan dan dituliskan. Tapi,jika kamu berada dalam posisi harus melakukannya: Ia bukan perkara biasa. Ibarat lagu Sherina, setiap manusia di dunia pasti pernah sakit hati, hanyalah yang berjiwa ksatria yang mau memaafkan..

 

3. Adagium lama, dalam politik, seseorang bisa berbohong pada satu orang, sepanjang waktu. Ia mungkin juga dapat membohongi semua orang di satu waktu. Orang tersebut tidak akan dapat membohongi semua orang sepanjang waktu.

4. Meminta maaf bukan berarti Anda kalah. Hanya jiwa yang kuat yang sanggup mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahannya. Mengakui jika kita salah. Dan minta maaf atas kesahalan kita. Ibarat lagu Sherina lagi, "setiap manusia, di dunia pasti punya kesalahan, hanyalah yang pemberani yang mau mengakui".

5. Kita boleh berfikir dengan emosi, tapi kita tidak boleh emosi dengan fikiran kita. Emosi dengan fikiran hanya akan membuat kita sibuk mencari pembenaran abai mencari kebenaran. Jika hendak menemukan kebenaran, maka berfikirlah dengan emosi. Maksudnya berfikirlah dengan menggunakan hari nurani kita.

6. Cerita politik macam house of card, madame secretary, dan game of throne itu ada dalam realita sehari hari. Kalau mau sedikit satire macam di Game Of Throne, bolehlah: if you play a game of throne, you will die!

Salam Damai, Goyang Dua Jari

***