Perempuan-perempuan yang Menjadi Inspirasi Bangsa

Senin, 17 September 2018 | 23:00 WIB
0
591
Perempuan-perempuan yang Menjadi Inspirasi Bangsa

Sejak berdirinya, Indonesia sudah memiliki banyak sekali perempuan yang menjadi inspirasi bangsa, tokoh-tokoh perempuan yang diabadikan dalam sejarah: dari Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, Christina Martha Tiahahu, dan banyak lagi.

Sekarang pun begitu. Kita juga punya tokoh seperti Ibu Sinta Nuriyah, tokoh pejuang toleransi nasional.

Membuka acara Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, kemarin, saya menyampaikan bahwa ada delapan menteri perempuan di Kabinet Kerja sekarang. Ada yang lemah lembut seperti Bu Yohana Yembise dan Nila Moeloek, ada juga yang aktif dan galak seperti Bu Susi Pudjiastuti.

Di Asian Games 2018 lalu, dari 31 medali emas Indonesia, sebanyak 12 medali disumbangkan oleh para atlet perempuan.

Kita punya spider women pemanjat tebing Aries Susanti dan Puji Lestari, ratu wushu Asia Lindswell Kwok, dan lain-lain. Dan nanti di Asian Para Games 2018, kita menunggu kiprah pelari Nanda Mei Solihah, atlet angkat besi Ni Nengah Widiasih, atlet tolak peluru Suparni Yati, atau perenang Laura Dinda, dan banyak lagi.

Kepada perempuan-perempuan Indonesia, jadilah Ibu Bangsa. Yang mendidik anak-anak sebagai penerus masa depan bangsa, yang memperbaiki mentalitas bangsa, yang menjaga moral keluarga, yang menjaga alam untuk cucunya, serta yang menggerakkan ekonomi keluarga untuk masyarakat.

***