Atas Nama Pribadi dan Pemerintah, Saya Sampaikan Duka Mendalam

Selasa, 31 Juli 2018 | 07:19 WIB
0
565
Atas Nama Pribadi dan Pemerintah, Saya Sampaikan Duka Mendalam

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala Richter telah mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa Minggu pagi (29/7/2018) pukul 05.47 WIB. Sore ini, saya telah tiba di Kabupaten Sumbawa Besar dan langsung memimpin rapat terbatas untuk penanganan gempa ini.

Saya telah memerintahkan segenap jajaran pemerintah, baik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Panglima TNI untuk segera bergerak membantu masyarakat yang terkena musibah. Saya harapkan, sore ini juga atau besok pagi, semuanya sudah terorganisasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk turun dan bergerak bersama-sama.

Insya Allah, saya datang ke lokasi bencana dan menengok para korban. Semoga Allah SWT melindungi kita semua.

Meninjau Posko Pengungsi

[caption id="attachment_20004" align="alignleft" width="557"] Saya di Posko Pengungsi (Foto: Agus Suparto/fotografer Istana)[/caption]

Meninjau posko pengungsi gempa seraya membagi buku tulis untuk anak-anak dan aneka bahan pokok yang dibutuhkan warga yang kini tinggal di tenda-tenda pengungsian di lapangan Desa Madayin, Sambelia, di Lombok Timur.

Saya datang ke lokasi bencana dengan helikopter dari Sumbawa, pagi ini, untuk memastikan bahwa penanganan dampak gempa dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, seperti adanya bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi pengungsi, serta tersedianya layanan pendidikan darurat.

Atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah ini, terutama bagi korban yang meninggal. Semoga arwah mereka diberikan tempat yang terbaik di sisiNya. Dan bagi yang sakit dan kini mendapat penanganan medis, lekas sembuh dan berkegiatan seperti sediakala.

***