Kreatif Warganya, Warna-warni Kotanya

Senin, 30 Juli 2018 | 08:51 WIB
0
521
Kreatif Warganya, Warna-warni Kotanya

Semenjak Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur telah banyak membuat terobosan kebijakan untuk membenahi Jakarta sebagai Ibu Kota.

Bahkan dalam pernyataannya gubernur Anies Baswedan selalu mengulang-ulang bahwa masyarakat akan selalu dilibatkan untuk membenahi Jakarta.

Dan belum ada satu tahun menjabat, pasangan gubernur dan wakil gubernur ini sudah berhasil menumbuhkan inisiatif dan kreativitas masyarakat Jakarta untuk berpatisipasi dalam membangun kota Jakarta.

Bukti dari kreativitas dan inisiatif masyarakat Jakarta adalah masyarakat mempunyai inisiatif atau kesadaran untuk memasang bendera dari berbagai negara yang ikut Asian Games. Sekalipun itu dari bambu yang dibelah, tapi itu bentuk inisiatif dan kreativitas masyarakat yang harus diapresiasi.

Bukti lainnya yaitu inisiatif dan kreativitas masyarakat dalam mengecat separator dengan warna-warni supaya indah dipandang mata.

Baik gubernur Anies Baswedan dan wakil gubernur Sandiaga Uno memberikan pernyataan bahwa pemasangan bendera dan pengecatan separator itu murni inisiatif warga, bukan dari perintah pemprov.

Inilah keberhasilan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang bisa menumbuhkan kesadaran atau inisiatif dan kreatifitas dalam berpartisipasi membangun Jakarta yang lebih baik.

Tidak seperti gubernur sebelumnya yang bisanya hanya marah-marah, berkata kasar dan menista agama pula.

Anies dan Sandi tidak harus meniru gubernur sebelumnya yang hanya meninggalkan masalah saja seperti kali Sentiong atau Kali Item yang konon katanya sudah item saja dulu, gubernur sekaranglah yang akhirnya harus membereskan dan menyelesaikan.

Gubernur sebelumnya juga sering menyalahkan bawahan dan suka berdalih dan berkilah sebagai cara untuk berkelit dari kebijakan yang menimbulkan kontroversi di masyarakat. Pokoknya jangan ditiru deh kebijakan gubernur sebelumnya memang amburadul, isinya meninggalkan masalah saja, merepotan gubernur yang sekarang.

Beda dengan gubernur yang sekarang yang bisa mengajak masyarakat untuk berinisiatif dan berkreativitas dalam membangun Jakarta.

Mudah-mudahan keberhasilan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ini menjadi inspirasi atau role model kepala-kepala daerah lainnya atau gubernur-gubernur lainnya yang baru saja menang dalam pilkada kemarin.

Sebagai seorang gubernur dan wakil gubernur harus bisa menumbuhkan kesadaran atau inisiatif dan kreativfitas masyarakat dalam membangun suatu kota atau daerahnya masing-masing.

Masyarakat harus dilibatkan dalam pembangunan,jangan masyarakat menjadi korban, apalagi digusur, cukup dipindahkan saja.

Belum satu tahun saja sudah banyak capaian-capaian prestasi yang diraih gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam membangun Jakarta, yang tidak akan pernah diraih gubernur sebelumnya atau bahkan gubernur-gubernur di seluruh dunia.

Mudah-mudahan bahagia warganya dan lebih banyak inisiatif-inisiatif atau kreativitas dalam membangun Jakarta.

Perkara hasilnya sering ditertawakan orang, ya ga usah dipikirkanlah, jalan terus saja. Bukankah tertawa itu sehat dan salah satu keberhasilan membahagiakan warga Jakarta itu dengan tetap membuatnya tertawa? Bukankah salah satu ciri maju kotanya itu dengan membuat Jakarta warna-warni seperti pelangi di siang hari bolong?

Ingat, adanya Stand Up Comedy itu untuk membuat orang tertawa, membuat warga bahagia. Dan, pelangi yang indah itu adalah "kreativitas" Sang Pencipta, yang di Jakarta bisa dengan mudah dilakukan oleh seluruh warganya yang bahagia.

Kreatif warganya, warna-warni pelangi kotanya.

***