Saya Ingatkan Babinsa untuk Menjaga Netralitas

Kamis, 19 Juli 2018 | 10:24 WIB
0
553
Saya Ingatkan Babinsa untuk Menjaga Netralitas

Kepercayaan publik, rakyat, dan masyarakat terhadap TNI saat ini berada pada posisi yang paling tinggi.

Salah satu cara menjaga kepercayaan itu adalah seluruh anggota TNI -dan juga Polri- agar terus memegang teguh komitmen netralitas dalam menjaga demokrasi di negara kita. Inilah yang saya sampaikan di hadapan ribuan Bintara Pembina Desa TNI AD (Babinsa) di Bandung, kemarin.

Saya mengingatkan kepada seluruh anggota Babinsa untuk menjaga netralitas. Politik TNI ialah mendukung kebijakan yang dijalankan oleh negara. Loyalitas TNI kepada bangsa dan negara juga harus selalu dijunjung tinggi guna memastikan proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

Libatkan Babinsa

Sejak tiga tahun lalu pemerintah pusat telah mengucurkan begitu banyak dana untuk membangun desa-desa di seluruh Indonesia. Dana itu disebut Dana Desa.

Tahun 2015 telah dikucurkan Rp20 triliun, 2016 sebanyak Rp47 triliun, 2017 sebanyak Rp60 triliun, dan tahun 2018 ini dikucurkan lagi Rp60 triliun. Jumlah dana desa yang telah digelontorkan ke daerah-daerah sudah Rp187 triliun. Ini jumlah yang sangat besar.

Bagaimana memaksimalkan penggunaan dana itu? Dengan melibatkan banyak pihak, di antaranya para Bintara Pembina Desa atau Babinsa. Peran nyata anggota Babinsa dan TNI sangat dibutuhkan dalam pembangunan nasional.

***