Gagap Medsos dan Ciri-cirinya yang Khas

Senin, 21 Mei 2018 | 08:55 WIB
0
615
Gagap Medsos dan Ciri-cirinya yang Khas

Beberapa dekade yang lalu, kita mengenal istilah Gagap Teknologi alias Gaptek. Istilah yang digunakan untuk orang yang pengetahuan dan wawasan teknologinya sangat minim. Seiring munculnya gaya hidup digital yang baru dalam satu dekade terakhir, istilah Gaptek disusul dengan munculnya istilah Gagap Media Sosial (Gagap Medsos).

Lantas, apa yang dimaksud dengan Gagap Medsos?

Umumnya manusia bersikap gagap terhadap hal-hal yang samasekali baru dalam hidupnya. Kondisi psikis yang membuat yang bersangkutan menjadi salah tingkah atau cenderung melakukan kesalahan terkait hal baru tersebut.

Resiko Gagap Medsos relatif jauh lebih besar daripada Gaptek, karena kegagapan dalam beraktivitas di media sosial bisa merugikan dirinya sendiri, bahkan hingga bisa berakibat fatal yang merugikan keluarga dan lingkungan sosialnya.

Contoh nyatanya sudah banyak sekali yang terjadi, misalnya cuitan di Twitter atau postingan di Facebook yang berakibat pada keretakan hubungan sosial dengan teman, pasangan hidup dan yang menjadi pemicu terjadinya konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

Berikut ini beberapa cirikhas pengguna internet yang mengalami Gagap Medsos.

1). Mudah sekali terpancing, terkejut, terkesima atau terkagum-kagum pada suatu informasi yang relatif sangat janggal atau ekstrim, yang kemudian diperparah oleh kemalasannya untuk mencaritahu lebih banyak lagi tentang informasi tersebut.

2). Membuat postingan curhat yang sifatnya sangat personal, misalnya mengenai kegalauan karena mengalami pertengkaran dengan pasangan hidupnya. Sepertinya yang bersangkutan tidak menyadari sepenuhnya bahwa aplikasi medsos bukanlah diari pribadi.

3). Seringkali membagikan tautan dari media-media pemberitaan atau dari akun-akun medsos yang kredibilitas dan integritasnya sangat diragukan.

4). Memberikan informasi-informasi pribadi yang cukup banyak dan sangat mendetail di profil medsosnya.

Kegagapan ini diakibatkan oleh minimnya pengetahuan mengenai karakteristik atau sifat alamiah dari media sosial itu sendiri. Bisa dikatakan, bahwa dampak positif dan negatif aktivitas di lingkungan sosial dunia nyata (offline), tidak begitu berbeda dengan di kehidupan maya (online).

Selain itu, juga diakibatkan oleh minimnya pengetahuan dalam cara menggunakan fitur-fitur teknis aplikasi medsos.

Medsos merupakan sarana teknologi yang baik, efektif dan efisien untuk memajukembangkan kualitas kehidupan. Namun, jika tidak mengenalinya dengan baik, yang terjadi malah sebaliknya.

***