Sehat Harganya Tak Ternilai, Orang Kaya Pun Tak Mampu Membelinya

Sabtu, 3 Maret 2018 | 11:06 WIB
0
528
Sehat Harganya Tak Ternilai, Orang Kaya Pun Tak Mampu Membelinya

Kalau sehat itu bisa dibeli, maka orang orang kaya semuanya akan sehat dan segar bugar. Tapi dari fakta-fakta yang ada, ternyata dan terbukti, bahwa sehat itu tidak bisa dibeli. Salah satu bukti konkrit adalah begitu banyak orang kaya raya yang meninggal lebih cepat baik karena kebanyakan makan, maupun pola hidup yang tidak sehat.

Untuk dapat menikmati hidup sehat hingga menua, selain dari menerapkan pola hidup sehat, perlu secara rutin berolah raga. Salah satu olah raga yang paling mudah dan murah adalah berjalan kaki.

Selama berada di Australia, jalan kaki di pagi hari merupakan kegiatan yang rutin, kecuali hujan lebat. Kalaupun musim dingin, kami tetap jalan dengan mengenakan jaket. Berolah raga sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menyejukkan sungguh memberikan nilai tambah dalam menikmati hari hari kami.

Apalagi sambil berjalan bertemu dengan sesama pejalan kaki lainnya dan kami berhenti beberapa saat, untuk saling berkenalan, rasanya membuat hidup semakin indah. Apalagi ada jalan khusus untuk pejalan kaki yang tidak dinodai oleh pengemudi kendaraan bermotor, sungguh memberikan kesempatan untuk paru-paru menghirup energi yang menyegarkan lahir batin. Deburan ombak yang memecah ditepi pantai dan bunyi burung camar yang berterbangan sambil bercanda ria.

Ada Hal Yang Tidak Kurang Pentingnya 

Selain dari menjalani keseharian dengan menjaga pola makan yang sehat dan menjadikan olah raga sebagai jadwal kegiatan tetap disepanjang jalan kehidupan kita, ada hal yang tidak kurang pentingnya, yakni menjaga pikiran dan hati agar tetap bersih dari hal hal negatif.

Yang dimaksudkan dengan negatif di sini adalah membiarkan kecurigaan menguasai diri kita, menyimpan kemarahan, iri hati terhadap keberhasilan orang lain. Karena setiap kali pikiran negatif terbiarkan hinggap dalam pikiran dan hati, maka secara tanpa sadar sudah menguras daya daya hidup yang ada pada diri kita.

Karena itu orang yang menyimpan kemarahan, kebencian dan dendam atau selalu iri akan keberhasilan orang lain, serta selalu mencurigai orang-orang yang ada dalam lingkungannya akan menyebabkan dirinya tidak dapat tidur nyenyak. Selalu gelisah dan sering mendapatkan mimpi mimpi buruk hampir setiap malam.

Akibatnya, keesokan harinya, timbul rasa enggan untuk bangun dan menjadi uring uringan. Hal-hal kecil dan sepele dapat memancing kemarahannya. Bila hal ini dibiarkan bersarang dalam dirinya, maka adalah suatu hal yang mustahil dapat menikmati hidup sehat lahir dan batin. Karena tubuh manusia, tidak dapat dipilah dan dipisahkan dari kondisi batinnya.

Menikmati Hidup Damai Lahir dan Batin

Untuk dapat menikmati hidup damai lahir dan batin perlu menjaga dan mengontrol diri agar jangan sampai terperosok kedalam hal-hal yang negatif. Hidup tanpa menyimpan dendam dan kebencian serta jauh dari kecurigaan, sungguh-sungguh merupakan kebahagiaan yang sejati. Karena orang yang sudah dapat mengontrol dirinya secara penuh adalah orang yang mampu mengalahkan diri sendiri. Dan kemenangan sejati adalah apabila orang sudah mampu untuk mengalahkan dirinya sendiri.