Pulau Pasumpahan, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Bawah Laut di Padang

Rabu, 17 Mei 2023 | 00:58 WIB
0
63
Pulau Pasumpahan, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Bawah Laut di Padang
Pulau Pasumpahan

Bukan hanya di Bali dan Lombok, melainkan juga di Sumatera Barat, tepatnya di Pulau Pasumpahan, terdapat pulau-pulau indah yang memancarkan pesona yang luar biasa. Pulau-pulau ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan dianggap sebagai destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke kota Padang.

Pulau kecil yang indah ini memiliki pasir putih yang bersih dan berkilau. Selain itu, keindahan biru air laut dan hijau pepohonan di sekitarnya akan memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan tak terlupakan. Setiap sudut pulau ini mampu menciptakan latar belakang estetik yang menawan dalam setiap foto yang diambil.

Selain menawarkan keindahan yang menakjubkan, wisata bahari ini juga mempersembahkan panorama bawah laut yang memukau. Di kawasan yang menjadi habitat ekosistem terumbu karang ini, terdapat beragam jenis karang dan ikan hias yang memikat. Melalui berbagai atraksi yang ditawarkan, pantai yang mempesona ini mampu memikat minat banyak pengunjung yang penuh rasa ingin tahu.

Daya Tarik Pulau Pasumpahan

Meskipun merupakan sebuah pulau yang berukuran kecil, keindahannya tidak dapat disangkal. Banyak yang mengunjungi tempat ini karena daya tariknya yang memukau. Beberapa atraksi menarik dari pulau eksotis ini antara lain:

Bepergian keliling pulau

Dari Pulau Pasumpahan, pengunjung dapat menikmati panorama memukau dari berbagai pulau kecil di sekitarnya. Selain itu, kesempatan untuk menjelajahi pulau-pulau tersebut juga akan memberikan kegembiraan dan kepuasan. Dengan demikian, pengunjung juga dapat melintasi dan mengunjungi pulau-pulau lainnya.

Dari Pulau Pasumpahan, para pengunjung dapat memperhatikan keindahan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya. Selain itu, peluang untuk mengeksplorasi pulau-pulau ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan demikian, wisatawan juga berkesempatan untuk menyeberang dan mengunjungi pulau-pulau lainnya.

Pulau-pulau yang termasuk dalam paket perjalanan jelajah yang dapat dikunjungi meliputi Pulau Padang dan Pulau Suvarnadvipa. Keberuntungan bagi pengunjung adalah ombak di Pantai Pasumpahan biasanya tenang dan tidak terlalu tinggi, sehingga memberikan keamanan untuk berenang dan bermain air.

Hill memegang legenda

Pulau yang indah ini juga mengisahkan sebuah legenda tentang Malin Kundang, kisah seorang anak yang durhaka kepada ibunya. Seperti namanya, Pulau Pasumpahan memiliki makna "kutukan". Banyak orang mempercayai bahwa tempat ini merupakan titik awal dari sejarah yang berlangsung.

Malin Kundang terkutuk oleh ibunya menjadi sebuah bukit di Pulau Pasumpahan. Hal ini terlihat dari bentuk bukit yang menyerupai seorang yang sedang sujud. Bukit tersebut memiliki ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan. Oleh karena itu, bukit ini merupakan tempat yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan hiking dan menikmati panorama alam yang indah dari ketinggian.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati saat mendaki bukit ini, karena setiap jalur pendakian masih belum dilengkapi pagar pengaman. Selain itu, penopangnya masih terdiri dari tanah dan batuan. Meskipun perjalanan mungkin agak melelahkan, semua itu akan terbayar ketika mencapai puncaknya.

Air laut jernih dan pasir putih

Air yang berwarna biru dan bening menyajikan pemandangan yang memukau sejauh mata memandang. Pantai yang landai dengan miliaran butir pasir putih melingkupinya, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Inilah daya tarik utama yang dimiliki oleh Pulau Pasumpahan.

Ombak yang menghantam pasir di sepanjang pantai masih memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga mampu menciptakan rasa ketenangan dan memberikan kesempatan untuk menghilangkan kepenatan. Selain itu, pantai ini juga menjadi objek wisata bahari yang aman untuk berenang dan bermain air serta pasir, terutama bagi anak-anak.

Ada ayunan di atas air

Salah satu tempat menarik yang tersedia adalah ayunan yang didirikan di atas permukaan air. Zona fotografi ini sengaja dirancang di atas air, bukan di pasir. Ayunan ini dapat digunakan karena ombak di pantai ini sangat tenang. Foto-foto yang diambil di lokasi ini pasti akan terlihat menakjubkan seperti di Instagram seperti yang dilansir slot pulsa tri.

Keindahan bawah laut yang mempesona

Tempat wisata yang paling indah di Padang ini tidak hanya menghadirkan keajaiban alam daratan saja, tetapi juga memiliki pesona yang tak kalah memikat di bawah permukaan laut. Kondisi air laut yang jernih memungkinkan para wisatawan untuk menikmati keindahan ekosistem bawah laut yang menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Pulau yang memukau ini terletak di kota Padang, lebih tepatnya di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Sumatera Barat. Jika Anda melakukan perjalanan udara dari kota Padang, jarak yang harus ditempuh sekitar 35 kilometer. Dari pusat kota, Anda dapat langsung mengemudi menuju Padang Painan, lalu belok ke arah desa Sungai Pisang.

Setelah itu, terdapat sebuah dermaga yang menghubungkan pulau ini dengan pulau-pulau terdekat seperti Pulau Pasumpahan, Pulau Padang, dan Pulau Suvarnadvipa. Namun, ketika berlibur di tempat wisata yang menakjubkan ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Harga tur dan jam buka

Berbeda dengan pulau-pulau lain di sekitarnya, pulau kecil yang indah ini memiliki biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Selain itu, wisatawan juga perlu menganggarkan biaya tambahan lainnya, seperti sewa perahu untuk menyeberangi pulau dengan tarif sekitar Rp 50.000 - Rp 75.000.

Apabila wisatawan berencana untuk menginap di pulau ini, diperlukan pembayaran tambahan untuk tiket camping sebesar Rp 15.000. Dengan mempertimbangkan keindahannya, harga tersebut masih terjangkau. Oleh karena itu, tempat wisata yang memikat ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk liburan Anda.

Kegiatan yang menarik

Ketika Anda mengunjungi Pulau Pasumpahan di Kota Padang, Anda dapat terlibat dalam berbagai aktivitas, di antaranya:

1. Bermain di pasir dan air

Kegiatan yang tak boleh terlewatkan saat berlibur di Pulau Pasumpahan tentu saja adalah bermain air dan pasir. Kedua aktivitas ini menjadi wajib dilakukan di setiap pantai. Terlebih lagi, air di sini sangat jernih, dengan pasir putih yang bersih dan tekstur yang lembut di bawah kaki.

Ombak di pantai ini juga sangat lembut dan tenang, memungkinkan Anda untuk berenang dengan aman di perairan pantai. Oleh karena itu, anak-anak kecil juga dapat bermain dan berenang tanpa khawatir terkena gelombang yang kuat.

2. Snorkeling di Perairan Pulau Pasumpahan

Keindahan ekosistem bawah laut yang dimiliki oleh pantai di Pulau Pasumpahan tidak kalah menarik dibandingkan dengan pantai-pantai populer lainnya. Para wisatawan yang datang dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan beragam jenis karang dan ikan hias yang ada. Dengan airnya yang jernih dan berwarna biru, pengalaman ini akan semakin menambah keseruan liburan Anda.

3. Berkemah menyenangkan

Kegiatan berkemah menjadi pilihan menarik untuk menginap di Pulau Pasumpahan ini. Suasana yang tenang dan damai di sini memberikan tempat istirahat yang sempurna dari rutinitas yang melelahkan. Suara ombak yang mengalun dan angin sepoi-sepoi di pantai menambah suasana menjadi lebih rileks.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Infrastruktur di Pulau Pasumpahan telah terbilang lengkap, meliputi fasilitas toilet umum, area tempat bersantai, mushola, lapangan voli pantai, serta beberapa lokasi menarik yang dapat dijadikan latar belakang foto dengan suasana estetik yang menawan. Selain itu, masih terdapat banyak fasilitas lainnya yang tersedia di pulau ini.

Bukan hanya sekadar keinginan, saat ini liburan menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan bagi setiap individu guna menghilangkan penat dari rutinitas yang melelahkan. Salah satu destinasi liburan yang wajib dikunjungi adalah Pulau Pasumpahan, dengan suasana yang tenang, damai, dan pemandangan alam yang menakjubkan.