Wisata Alam Deles Indah Klaten, Panorama Alam yang Mempesona

Dari kota semarang wisatawan harus mengunjungi destinasi pertama yaitu kabupaten klaten.

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:52 WIB
0
79
Wisata Alam Deles Indah Klaten, Panorama Alam yang Mempesona
deles indah Klaten

Kabupaten klaten tidak pernah gagal untuk menghibur pengunjung, terutama dengan umbul (pemandian alam) yang indah.

Faktanya, kawasan ini selain memiliki kuliner klaten yang terkenal enak, juga memiliki beberapa tempat yang bagus untuk jalan-jalan dan relaksasi. Salah satunya bernama deles indah klaten yang terletak di kecamatan kemalang.

Lokasi persisnya sebenarnya di desa balerante atau sidorejo. Dataran tinggi yang indah ini berada di sebelah timur kaki gunung merapi. Jangan khawatir.

Lokasinya tidak cukup jauh dari pusat kota. Begitu sampai di lokasi, wisatawan memang bisa menyaksikan panorama yang menakjubkan.

Sekaligu menikmati beberapa aktivitas seperti trekking, eksplorasi, dan fotografi. Tempat ini cocok untuk pecinta alam dan petualang pastinya.

Nuansa

Deles indah hadir dengan banyak spot menarik untuk dijelajahi, sehingga pengunjung tidak akan bosan selama menjelajah.

Sebagai informasi, situs ini berada di ketinggian sekitar 800 – 1300 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika suasana terasa menyegarkan karena udara yang bersih dan suasana yang sejuk.

Pemandangan gunung juga bisa terlihat dengan jelas. Saat cuaca bagus, sebenarnya puncak gunung merapi cukup terlihat!

Panorama lainnya adalah cerobong pabrik terdekat, pegunungan kapur, dan rawa jombor. Situs ini juga menampilkan beberapa fasilitas buatan manusia.

Menjelajahi Deles Indah

Aktivitas utama yang bisa dilakukan wisatawan di deles indah tentunya adalah jalan-jalan. Begitu sampai di gardu pandang, semua orang bisa melihat berbagai panorama menakjubkan.

Antara lain gunung merapi, pegunungan kapur, rawa jombor, dan masih banyak lagi (seperti yang sudah disebutkan sebelumnya).

Satu hal, wisatawan harus berkunjung saat cuaca bagus hanya untuk pemandangan terbaik. Disarankan juga untuk membawa kamera untuk mengambil beberapa foto saat bepergian nanti.

Untuk persiapan lainnya, wisatawan tidak boleh lupa membawa bekal seperti air minum kemasan dan makanan ringan.

Ini membantu mereka menghilangkan kepenatan saat menjelajahi situs (terutama di siang hari). Selain jalan-jalan dan fotografi, ada banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan di deles indah!

Misalnya, mereka harus mampir ke tempat keramat tempat pertapaan sunan pakubuwono x dulu. Tempat ini menjadi tempat favorit warga sekitar untuk melakukan ritual khusus yang disebut nyekar.

Bagi wisatawan, mereka bisa menyaksikan upacara tersebut asalkan pada waktu yang tepat. Tempat keramat berikutnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi tidak lain adalah makam mlayopati.

Memandang Kawah Merapi Yang Berasap Di Deles Indah

Deles indah berjarak 4 kilometer dari puncak merapi. Jarak itu dekat. Kawah merapi dapat terlihat dari deles indah karena terdapat rekahan kawah di sisi selatan puncak.

Saat cuaca cerah, anda bisa melihat pemandangan ke arah kawah gunung merapi dari celah kawah. Jika diperhatikan dengan seksama.

Anda bisa melihat kubah lava di kawah gunung merapi yang mengeluarkan asap vulkanik.

Sedangkan tempat wisata panorama deles indah berada di tepi tebing sehingga tidak ada pepohonan yang menghalangi pandangan ke arah kawah merapi.

Cara Menuju Ke Deles Indah Klaten

Dari kota semarang wisatawan harus mengunjungi destinasi pertama yaitu kabupaten klaten. Mereka hanya perlu menggunakan tol semarang – solo untuk bisa sampai ke deles indah klaten.

Sebagai informasi, jaraknya 97,7 km, sehingga perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam 33 menit. Ini contoh lainnya. Bagi yang berasal dari kota jakarta bisa melalui tol cikopo – palimanan.

Jaraknya 532 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 7 jam 59 menit. Begitu tiba di klaten, wisatawan bisa langsung menuju deles indah dengan menempuh jalan deles indah.

Jaraknya 35,2 km, sehingga perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam 13 menit.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Wisata Alam Deles Indah Klaten, semoga bermanfaat.