Iceland, Living Quietly In A Corner of Nature

Hal yang paling keren di Iceland adalah merokok dilarang, terutama di restaurant, cafes, bars dan night clubs yang menjadikan Icelanders menduduki ke 3 terrendah di dunia cigarette consumption.

Selasa, 24 September 2019 | 16:16 WIB
0
421
Iceland, Living Quietly In A Corner of Nature
Reykjavik, [photo:IG wakupreykjavik]

Saat aku memutuskan untuk mengunjungi Iceland, hal pertama yang ada di benak aku adalah “payment habits”, benar dugaan aku, cash tidak berlaku disana. Welcome to cashless society

Cashless country

Scandinavia merupakan pelopor negara   yang memperkenalkan cashless dan Iceland adalah negara pertama yang menerapkan cashless society bahkan untuk small transaction sekalipun

Suatu kali aku naik bis ketika mau membayar both cc dan atm di tolak, tapi si supir tetap memperbolehkan aku masuk tanpa raut muka yang marah dan waktu aku berangkat dari Reykjavik airport menuju Helsinki dengan menggunakan SAS airlines aku lupa untuk membayar luggage by online.

Jadi, ketika di check in aku dikenakan penalty yang lumayan besar dan entah kenapa lag-lagi  cc en debit card aku ditolak,  walaupun aku tahu cash tidak berlaku disana tapi  aku tetap menawarkan mau bayar cash karena tidak ada pilihan,  oleh si mbak nya ditolak akan tetapi  aku tetap diperbolehkan untuk naik kepesawat tanpa membayar luggage dan penalty, baik nya orang-orang Iceland.

Best place for solo traveller

Temanku bertanya mau ngapain kamu ke Iceland, a country the size of Ohio, kebanyakan orang ke sana untuk menikmati keindahan alamnya yang almost too good to be true, seperti spot nature, aurora,  glacier,  waterfalls, the biggest geothermal in the World Blue Lagoon,  tapi buat aku hanya satu alasan karena Iceland aman untuk solo traveller hal ini dikarenakan criminal rate disana  sangat rendah.

They are really know how to treat woman

Menurut pengalaman aku most Scandinavian men tend to pay a lot of attention to personal traits to a woman, mereka sangat respect terhadap wanita, misalnya saat berbicara mereka lebih  suka eye contact not in the breaths or face.

Mereka menggangap wanita as equals, mereka selalu mengutamakan pendapat wanita sebelum memutuskan sesuatu.

Selama di Reykjavik aku tinggal disalah satu rumah teman ku yang bernama Oleg, entah karena alasan dia lebih menyukai menggunakan public transportation itu atau alasan lain selama aku tinggal dirumah nya aku dikasih kunci mobil  untuk digunakan selama aku di sana .

Very expensive country

Everything seems to be perfect in Iceland, tapi ada sesuatu yang menggangu Iceland is outrageously expressive, menurut aku Iceland just passed Switzerland for most expensive country in the World, berita buruk untuk aku dan bikin miris karena semua harga hampir 6x  mahalnya  dibandingkan dengan Indonesia.

Life Style

Yang paling menarik dari Scandinavians adalah life style mereka, berbeda dengan budaya orang Aussie yang senang hangout after office hour di bar-bar untuk melepas stressful, Scandinavians pulang kerja langsung pulang ke rumah, jika mau ngobrol atau party mereka prefer diadakan  di rumah dan yang paling keren adalah komitment mereka untuk jam tidur, selama hari kerja mereka mendisiplinkan diri mereka  untuk tidur maksimal jam 10 malam. Salah satu hal favourite yang aku aku suka ketika melihat Icelandic makan ice cream walaupun temperature nya well below zero.

Ada cerita lucu, suatu hari minggu saya pergi ke Mall saya tiba disana jam 12:30 pm dan mall nya belum buka, ternyata mall disana buka jam 13:00 pm tutup jam 18:00 pm. I love the whole work life balance thing but I was kind of surprised about this.

Long life the people in Iceland

Rata-rata usia  hidup mereka sampai 83 tahun, selain karena gaya hidup mereka yang sehat dengan lebih banyak mengkonsumi ikan, low sugar dan kaya serat, buat penggemar fast foot siap-siap kesal karena its impossible to find McDonald disana, its kind a weird since McDonald is virtually everywhere in the World.

Bagi mereka olahraga adalah merupakan kebutuhan hidup,  salah satu olahraga favourite mereka adalah jogging dimalam hari, jogging malam atau sebelum tidur akan membuat qualitas tidur sangat baik itu kata meraka, dan aku pernah mencoba ternyata memang benar terbukti olahraga sebelum tidur membuat tidur ku super lelap. 

Hal yang  paling keren  di Iceland  adalah merokok  di sana dilarang, terutama di restaurant, cafes, bars dan night clubs hal itu menjadikan Icelanders saat ini  menduduki peringkat  ke 3 ter-rendah di dunia untuk cigarette consumption

My experience in Iceland isn’t just nice, it is a vacation from distrust and fear

***