Sofia Polgar dan Seni

Dari tiga putri pasangan Laszlo Polgar dan Klara, yang paling mudah itu adalah menulis tentang Sofia, karena prestasinya di bidang catur tidak sehebat Susan dan Judit meski ia juara dunia catur rapid tahun 1986.

Selasa, 16 Maret 2021 | 06:58 WIB
0
255
Sofia Polgar dan Seni
Polgar bersaudara (Foto: Chess Daily)

Susan, Sofia dan Judit Polgar adalah nama-nama tenar di dunia catur. Tetapi dibandingkan dengan kakak dan adiknya, Sofia memang agak sedikit berbeda. Kalau Susan dan Judit mengabdikan seluruh hidup mereka untuk catur, maka setelah dewasa Sofia mengambil jalan lain.

“Sophia adalah artis dalam keluarga," kata Susan mengomentari adiknya ini. Dia senang bermain catur, tetapi pada bagian analisis menjadi beban baginya." Sofia berjuang keras untuk menciptakan keindahan di dalam permainan caturnya tapi melupakan sisi lainnya, seperti instink membunuh” tambahnya.

Namun secara tidak langsung Susan memuji bahwa Sofia memiliki bakat catur lebih di banding dirinya dan Judit. Pada usia 14 tahun Sofia meraih performance rating 2700+ dalam sebuah turnamen di Roma setelah membukukan 8½ poin dari sembilan babak dengan menyikat GM-GM dari Uni Soviet.

Ironisnya Sofia kemudian tidak pernah meraih gelar GM mungkin karena hatinya sudah tertarik pada hal-hal lain selain catur. Ia pensiun dengan gelar IM di depan namanya.

"Catur itu terlalu sedikit buat saya," kata Sofia. Maksudnya masih banyak hal-hal lain yang perlu dipelajari di dunia ini selain catur. Maka dia pun belajar melukis dan desain interior.

Sofia berhenti bermain catur setelah menikah tahun 1999 dengan GM Israel Dr. Yona Kosashvili yang juga seorang ahli bedah ortopedi. Setelah sempat tinggal di Toronto, Kanada, sekitar tahun 2012 Sofia, suami dan dua anak mereka Alon dan Yoav memutuskan untuk menetap di Tel Aviv, Israel.

Ternyata dari tiga putri pasangan Laszlo Polgar dan Klara, yang paling mudah itu adalah menulis tentang Sofia, karena prestasinya di bidang catur tidak sehebat Susan dan Judit meskipun ia juara dunia catur rapid tahun 1986.

***