Bangun Lebih Pagi dan Rasakan Manfaat Rutin Olahraga! 

Rabu, 19 April 2023 | 17:13 WIB
0
64
Bangun Lebih Pagi dan Rasakan Manfaat Rutin Olahraga! 
Bangun Lebih Pagi dan Rasakan Manfaat Rutin Olahraga!

Olahraga pagi dapat menjadi cukup sulit bagi Anda yang memiliki prioritas lain di awal hari. Meskipun demikian, olahraga pagi memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk jangka panjang. 

Olahraga pagi juga sangat baik terutama bagi pekerja kantoran yang lebih banyak duduk dan menatap layar komputer selama berjam-jam. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Manfaat Olahraga Pagi untuk Meningkatkan Produktivitas, berikut adalah penjelasannya.

Fakta Mengenai Rutin Berolahraga Pagi

Anthony Hackney, seorang profesor di departemen olahraga dan ilmu olahraga di University of North Carolina Chapel Hill menyatakan bahwa orang cenderung memiliki profil hormonal yang membuat metabolisme lemak yang lebih baik di pagi hari. Dengan kondisi metabolisme yang lebih baik ini, tubuh dapat menarik lebih banyak energi dari cadangan lemak Anda sehingga sangat berpotensi membantu penurunan berat badan. 

Bahkan jika Anda tidak terbiasa bangun pagi, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi dapat melatih Anda untuk merasa lebih waspada di pagi hari dan lelah lebih awal di malam hari, sehingga Anda akan cukup istirahat untuk bangun. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mempertahankan kebiasaan sehat yang dilakukan di pagi hari.

5 Manfaat Olahraga Pagi untuk Produktivitas Anda

Setelah mengetahui fakta terkait rutin olahraga di pagi hari, Anda juga perlu mengetahui manfaatnya. Berikut adalah penjelasan manfaat olahraga di pagi hari.

1. Olahraga Pagi Membuat Anda Lebih Disiplin
Jika Anda menjadwalkan olahraga di awal hari Anda, kecil kemungkinan munculnya kesibukan lain yang membuat Anda beralasan untuk melewatinya. Hasil studi oleh British Journal of Sports Medicine juga menemukan olahraga di pagi hari akan membantu Anda meningkatkan fokus dalam pembelajaran dan pengambilan keputusan. 

2. Manfaat Mental Olahraga Pagi Bertahan Sepanjang Hari
Olahraga memperlambat sekresi neurotransmiter sehingga meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Saat Anda berolahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin, serotonin, dan dopamin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dengan demikian, olahraga pagi akan membantu Anda menjalani hari dengan kondisi mental yang lebih sehat.

3. Anda akan Lebih Cenderung Membuat Keputusan yang Sehat
Dengan berhasil bangun lebih awal dan menyelesaikan olahraga, Anda akan memiliki rasa pencapaian yang memuaskan. Kepuasan ini akan membantu Anda membentuk pola pikir yang lebih sehat sehingga Anda juga akan mulai mengembangkan kebiasaan sehat lainnya.

4. Sangat Baik untuk Program Weight Loss
Salah satu tugas hormon ghrelin adalah mengontrol rasa lapar dan kenyang. Anda dapat mengurangi kadar ghrelin dan menurunkan nafsu makan dengan berolahraga pagi. Dengan demikian Anda akan mengurangi risiko obesitas tubuh.

Hasil penelitian EbioMedicine juga menemukan bahwa berolahraga di pagi hari dapat menjadi cara yang efektif dalam penurunan berat badan. Penelitian ini mengenai 10 remaja yang berolahraga pada pagi dan sore hari dan menemukan bahwa pembakaran lemak optimal saat di pagi hari dalam 24 jam.

5. Tidur Lebih Nyenyak
Rutin berolahraga pada pagi hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Dengan berolahraga pagi, Anda akan terkena paparan cahaya matahari yang akan meningkatkan kadar melatonin di tubuh meningkat.

Kadar melatonin mengatur siklus tidur. Dengan tingginya kadar melatonin, Anda akan lebih mudah tidur dalam waktu yang lebih cepat dan terbangun dengan ebih segar.

Selain berolahraga pagi, tentu Anda juga perlu mengembangkan kebiasaan sehat. Dari rajin minum 2 liter air putih per harinya, meningkatkan jumlah makanan berserat, menyeimbangkan protein dan lemak baik, serta lainnya. Jika Anda sedang kurang enak badan, Anda juga dapat mencoba 4 Jenis Olahraga Ringan untuk Anda yang sedang Sakit.