8 Manfaat Tawa bagi Manusia

Selasa, 23 Mei 2023 | 17:07 WIB
0
78
8 Manfaat Tawa bagi Manusia
9 Manfaat Tawa bagi Manusia

Saat Anda tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang juga muncul saat Anda berolahraga, juga dapat menurunkan produksi hormon kortisol atau hormon stres. Dengan demikian, manfaat tertawa yang dapat menyehatkan tubuh hingga mengurangi stres merupakan suatu fakta. 

Hal ini juga telah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Banyak ahli yang telah membuktikan bahwa tertawa dapat mengurangi nyeri, meminimalisir beban mental, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Manusia.

Manfaat Tawa bagi Manusia

Hubungan sosial, fisik, hingga mental manusia mendapat manfaat dari tawa. Tawa yang dimaksud tentu saja adalah tawa dari humor dan interaksi manusia. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut berbagai manfaat tawa bagi manusia.

1. Meningkatkan Oksigen dalam Darah
Banyak orang yang mengalami tersengal-sengal setelah sesi tawa yang cukup panjang karena pertukaran oksigen secara cepat dalam waktu singkat. Pertukaran oksigen ini kemudian merangsang peningkatan aliran darah sehingga jumlah oksigen yang masuk dalam darah menjadi lebih. Dengan demikian, aktivitas tertawa memperlancar sistem peredaran darah dan membantu mencegah penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah.

2. Meredakan Stres
Tawa dapat meringankan beban pikiran karena saat tertawa, tubuh akan mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin, juga meningkatkan hormon endorfin di saat yang bersamaan.

Hormon endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh yang bertugas merespons stres. Anda juga dapat memproduksi hormon ini lebih banyak dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan favorit Anda, dan lain sebagainya.

Tertawa juga meningkatkan sirkulasi darah dan membantu relaksasi otot, sehingga stres tubuh juga berkurang. Hal ini juga telah dibuktikan oleh salah satu penelitian Korean Journal of Adult Nursing (2017) yang menguji efek terapi tawa pada 42 penghuni dua rumah sakit perawatan jangka panjang. Terapi tawa ini dilakukan oleh subjek sebanyak 8 sesi, selama 40 menit 2 kali seminggu. Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa kelompok subjek eksperimen tersebut mengalami penurunan stres dan meningkatkan suasana hati secara umum serta kualitas tidur yang lebih baik.

3. Mengawetkan Kemudaan
Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, karena tertawa dapat meningkatkan hormon endorfin dan mengurangi stres, maka tawa juga dapat meringankan ketegangan otot-otot di wajah. Dengan demikian, semakin sering Anda tertawa, semakin mudah bagi Anda untuk mempertahankan 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Ketika tertawa, tubuh mendapatkan simulasi fisik yang setara dengan latihan aerobik. Dengan kata lain, tertawa sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Salah seorang peneliti dari Medical Hypotheses juga membuktikan hal tersebut pada tahun 2009. The American Heart Association mendukung hasil tersebut karena tertawa juga terbukti mengurangi peradangan arteri dan peningkatan produksi HDL, yakni kolesterol ‘baik’ dalam tubuh.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Pikiran negatif dapat membawa pengaruh buruk secara fisik karena reaksi kimia hormon yang membawa lebih banyak stres ke dalam sistem dan menurunkan kekebalan. Sebaliknya, jika Anda memiliki banyak pikiran positif, tubuh akan melepaskan neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit yang berpotensi lebih serius.

Dengan demikian, tertawa bisa merangsang sel antibodi untuk berkembang lebih banyak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Membakar Kalori
Seperti penjelasan sebelumnya, tertawa mirip dengan simulasi olahraga. Tertawa terbahak-bahak dapat meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, dan konsumsi oksigen. Penelitian dari Vanderbilt University juga menemukan bahwa tertawa selama 10-15 menit bisa membakar sebanyak 10-40 kalori. Pembakaran kalori ini disebabkan kontraksi otot perut yang berulang saat tertawa.  

7. Meningkatkan Kreativitas
Aktivitas tawa membantu tubuh menghasilkan hormon endorfin lebih banyak, dan juga meningkatkan pasokan oksigen ke dalam otak. Peningkatkan hormon dan oksigen ini kemudian akan mengoptimalkan sistem kerja otak kiri dan otak kanan menjadi seimbang, sehingga Anda juga dapat meningkatkan performa kreativitas.

8. Mencegah Kanker
Sering tertawa dapat membantu Anda meminimalisir pertumbuhan kanker. Tertawa bisa mengurangi stres dan mencegah produksi sel-sel T yang menyebabkan kanker.

9. Meningkatkan Hubungan Sosial
Tertawa atau membuat orang tertawa akan membuat Anda lebih mudah untuk disukai. Tawa juga akan membuat Anda terlihat lebih menarik. Hal ini akan membuat orang lain merasa mudah untuk mendekati dan berinteraksi dengan Anda. 

Banyak manfaat tawa yang dapat membantu Anda menghadapi berbagai masalah. Jika Anda memiliki kesulitan untuk tertawa atau berinteraksi sosial, Anda juga dapat menggunakan layanan profesional seperti psikolog atau terapis. Ketahui juga Risiko Kondisi Kesehatan Mental sebagai tindak preventatif.