Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia

Senin, 22 Mei 2023 | 17:14 WIB
0
73
Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia
Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia

Berjemur terlalu lama dapat menjadi sangat berbahaya bagi manusia karena paparan ultraviolet (UV) berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar, merusak mata, hingga menurunkan kekebalan tubuh. Paparan berlebih dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Meskipun demikian, dalam kuantitas yang proporsional, sinar matahari sangat berguna bagi manusia. Dari memberikan asupan vitamin D untuk tubuh yang berguna untuk kesehatan secara umum, mengurangi polusi udara, hingga membantu meningkatkan kualitas suasana hati. Untuk lebih lengkapnya, berikut Manfaat Sinar Matahari bagi Manusia.

6 Manfaat Sinar Matahari yang Perlu Anda Ketahui

Matahari memiliki banyak manfaat bagi hewan, tumbuhan, dan manusia. Bagi manusia, matahari dapat menjadi sumber tenaga pembangkit listrik, sumber pencahayaan utama, dan peningkatan kualitas hidup lainnya. Berikut adalah jabaran manfaat matahari bagi kehidupan manusia.

1. Mengatasi Pemanasan Global 
Pelaku utama pemanasan global (global warming) adalah emisi karbon dan gas rumah kaca karena mesin pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil dapat menghasilkan jejak karbon. Dengan demikian, teknologi dan peralatan yang menggunakan energi matahari dapat mengatasi masalah pemanasan global tersebut karena sinar matahari merupakan sumber energi bersih yang baik.

2. Sebagai Sumber Pembentukan Vitamin
Penelitian Benefits of Sunlight: A Bright Spot for Human Health oleh M. Nathaniel Mead mengungkapkan manfaat sinar matahari yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan pasokan vitamin D tubuh. 

M. Nathaniel Mead telah melakukan penelitian bertajuk Benefits of Sunlight: A Bright Spot for Human Health dan menyatakan jika manfaat sinar matahari bagi manusia ialah menjadi sumber utama dalam pembentukan vitamin D. 

Saat Anda terpapar sinar matahari pada waktu yang tepat, sinar matahari akan membantu vitamin D terakumulasi dalam sel-sel usus serta meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang kemudian mengendalikan penyerapan kalsium pada tulang. 

3. Menurunkan Berat Badan
Salah satu penelitian yang Journal of Scientific Reports (2017) terbitkan menemukan paparan cahaya matahari dapat membantu dalam membakar sel-sel lemak subkutan yang ada di dalam jaringan adiposa (scWAT) atau sel lemak putih yang terletak di bagian bawah kulit. 

Anda dapat mengurangi lemak di tubuh dengan memaparkan diri ke sinar matahari selama 20 hingga 30 menit setiap pagi.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata
Dalam kuantitas yang sehat, paparan sinar matahari dapat meminimalisir risiko mata minus, khususnya pada remaja dan anak-anak. Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari tanpa efek negatifnya, gunakan kacamata hitam dengan perlindungan filter UV saat sedang beraktivitas di cuaca cerah. 

5. Mencegah Rasa Mengantuk
Salah satu penelitian dari University of Delhi menemukan bahwa sinar matahari dapat mengurangi rasa kantuk saat beraktivitas dengan cara meregulasi jam biologis tubuh sehingga tubuh bisa beristirahat dengan lebih baik di malam hari.

6. Menjaga Kesehatan Mental
Di samping manfaat fisik, sinar matahari juga punya manfaat bagi mental manusia. Eksposur terhadap sinar matahari dapat membantu menjaga kesehatan mental dengan membantu melepaskan hormon serotonin dari otak. 

Hormon ini menyebabkan manusia merasa lebih bahagia dan membantu meminimalisir kondisi seperti seasonal affective disorder (SAD) dan depresi.

Kapan Waktu Terbaik untuk Memperoleh Sinar Matahari?
Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), waktu terbaik untuk terkena paparan cahaya matahari ada pada pukul 09.00 pagi selama 5 – 15 menit. 

Upayakan untuk selalu menggunakan tabir surya di wajah dan seluruh tubuh selama Anda masih dapat melihat lingkungan sekitar tanpa cahaya lampu, karena itu artinya sinar matahari ada di sekitar Anda. 

Hindari paparan langsung sinar matahari di pukul 10.00 – 14.00 sinar matahari pada waktu ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit dan mampu menaikkan risiko terkena kanker kulit. Jangan lupa juga untuk Olahraga Pagi untuk Meningkatkan Produktivitas.