Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta Adakan Kunjungan KKL di Unisula Semarang

Kemudian acara berlanjut ke rumah makan Bintangan Bawen, kemudian tidak jauh dari rumah makan tersebut berlanjut kunjungan ke wisata Dusun Semilir Bawen.

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:19 WIB
0
74
Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta Adakan Kunjungan KKL di Unisula Semarang
Pemaparan materi KKL prodi PGSD Unisri Surakarta dikampus Unisula Semarang

Tepatnya hari Kamis tanggal 13 Januari 2022 Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengadakan acara Kunjungan Studi Banding di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prodi PGSD Unisri Surakarta mengadakan KKL dalam rangka menjalin kerja sama, meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Semarang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam sehari mengirim dua prodi untuk studi banding di dua kota yang berbeda.

Dalam waktu bersamaan Prodi PAUD mengadakan kunjungan KKL di Universitas Negeri Yogyakarta sedangkan prodi PGSD mengadakan KKL di UNIVERSITAS Islam Sultan Agung Semarang (Unissula). Dalam acara tersebut dibuka dengan Apel Pagi yang dipimpin oleh Dekan FKIP Unisri Surakarta pada pkl. 06.00 wib bertempat di Halaman depan Gedung FKIP Unisri Surakarta. Dalam acara Apel Pagi Ibu Dekan menyampaikan bahwa KKL kali ini untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa supaya bisa menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman serta bisa mengambil ilmu sebanyak – banyaknya.

Setelah itu Pkl. 06.30 wib Dua Team dari prodi PGSD dan prodi PAUD diberangkat dari kampus 1 Unisri Surakarta. Prodi PGSD Unisri Surakarta berangkat menggunakan 3 bus besar dengan mahasiswa sebanyak 120 mahasiswa beserta dosen pengajar. Pada pkl. 08.30 wib team prodi PGSD Unisri Surakarta sampai di Unisula Semarang. Dalam acara tersebut disambut oleh Dekan, Sekretaris Dekan FKIP Unisula Semarang, Kaprodi PGSD Unisula Semarang, Dosen PGSD FKIP Unissula Semarang dan mahasiswa perwakilan dari HIMA PGSD FKIP Unisulla Semarang.

           

Dalam acara pembukaan diawali dengan Pembacaan Tilawah Qur’an dari mahasiswa PGSD FKIP Unissula, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penampilan pertunjukan tari dan macapat kolaborasi antara mahasiswa dengan Dosen PGSD FKIP Unisri, setelah itu dilanjutkan sambutan dari ketua Prodi PGSD FKIP Unissula Dr. Rida Fironika Kusumadewi, S.Pd.,M.Pd. Dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan dari Dekan FKIP Unissula Dr.Turrahmat S.Pd.,M.Pd, dan sambutan terakhir dari Wakil Dekan FKIP Unisri Anggit Grahito Wicaksono S.Pd.,M.Pd.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan MOU yang ditandatangani oleh Wakil Dekan FKIP Unisri dan Dekan FKIP Unissula. Selanjutnya acara inti yakni pemaparan dari kedua pemateri yang pertama yakni Sekretaris Dekan FKIP Unissula Dr. Muhammad Afandi, S.Pd,M.Pd. dan Jumanto S.Pd.,M.Pd. dengan tema “Persiapan Calon Pendidik Dalam Menyongsong Era 5.0”. Dalam cara tersebut mahasiswa juga belajar bagaimana mempersiapkan diri menjadi calon pendidik di Era 5.0 serta belajar bagaimana kiat  mahasiswa dalam mengoptimalkan potensi diri dari sekarang, diharapkan setelah mengikuti materi tersebut mahasiswa dapat meningkatkan motivasi diri mahasiswa dalam memepersiapkan menjadi calon pendidik yang unggul di Era 5.0. Kemudian acara ditutup dengan penampilan tarian kreasi dari tiga mahasiswa dari PGSD FKIP Unissula.

Setelah acara selesai dilanjut dengan sesi foto bersama Dosen dan mahasiswa PGSD FKIP Unisri dengan PGSD FKIP Unissula.

Kemudian acara berlanjut ke rumah makan Bintangan Bawen, kemudian tidak jauh dari rumah makan tersebut berlanjut kunjungan ke wisata Dusun Semilir Bawen Semarang dimana mahasiswa disuguhkan dengan aneka kuliner jajanan dan keindahan wisata Dusun Semilir.

Kemudian setelah kunjungan ke Dusun Semilir dilanjutkan mampir ke tempat oleh-oleh dan diakhiri dengan makan malam melanjutkan perjalanan pulang ke kota Solo sesampai di kampus Unisri Surakarta tepat pkl. 21.00 wib.

Dalam acara tersebut Kaprodi prodi PGSD Unisri Surakarta yaitu Jumanto SPd.,MPd menyampaikan acara kunjungan KKL tersebut diadakan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa prodi PGSD Unisri Surakarta dan menjalin kerja sama dengan kampus Unissula Semarang.

“Alhamdulillah acara kunjungan KKL di Unissula Semarang berjalan dengan lancar dan acara tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa serta menjalin kerja sama dengan prodi PGSD FKIP Unissula Semarang”, Ucapnya dalam acara tersebut. 

***