Apakah RAM 12GB Bagus? Berikut Jawaban Lengkapnya untuk Anda

Rabu, 13 Maret 2024 | 11:46 WIB
0
80
Apakah RAM 12GB Bagus? Berikut Jawaban Lengkapnya untuk Anda
RAM 12GB

RAM adalah komponen yang memainkan peran penting dalam kinerja komputer mana pun. Ini juga akan membantu dalam meningkatkan kecepatan pemrosesan dan penyimpanan. Terlepas dari manfaat RAM, Anda tetap harus memilih RAM tambahan tergantung pada kebutuhan Anda saja karena kelebihan RAM tidak akan membawa manfaat lain. Sebaliknya, ini akan membebani Anda sejumlah uang tambahan dan ini akan menghabiskan ruang kosong di motherboard Anda, yang dapat Anda gunakan untuk tujuan lain.

Apakah RAM 12 GB Bagus untuk Sebuah PC?

Memiliki RAM 12 GB bisa bermanfaat bagi Anda jika Anda membangun komputer serba bisa yang akan Anda gunakan untuk berbagai tujuan. Namun, jika Anda membuat PC karena alasan tertentu, Anda akan memerlukan lebih banyak atau jauh lebih sedikit RAM tergantung kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan komputer untuk memainkan beberapa game kelas atas, maka RAM 12 GB tidaklah cukup. 

Namun, jika Anda menggunakan PC untuk kebutuhan produktif semata, maka RAM 12 GB sangat cukup untuk Anda. Keputusannya sepenuhnya bergantung pada kebutuhan yang Anda miliki. Mari kita lihat beberapa situasi yang berbeda di mana RAM 12GB mungkin akan cocok atau tidak cocok untuk PC Anda.

Untuk Bermain Game

Jika Anda seorang gamer musiman yang memainkan game acak di waktu luang, RAM 12 GB adalah pilihan yang tepat. Kebanyakan game PC dapat berjalan dengan lancar di PC RAM 12 GB tanpa masalah apa pun. Perangkat Anda juga tidak akan terlalu lag karena masih ada ruang kosong agar dapat berjalan dengan cukup lancar. Berikut ini adalah game yang bisa dimainkan menggunakan PC dengan RAM 12 GB.

- Battlefield 1, 2, 3, 4 dan 5

- Metal Gear Solid V

- Skyrim & Fallout 5

- Paladin

- Dota 2

- CS GO

- GTA 5

Untuk Aplikasi Desain Grafis

RAM adalah salah satu komponen yang memainkan peran yang sangat penting dalam perangkat lunak yang digunakan desainer untuk pekerjaan mereka. Ada berbagai macam program perangkat lunak yang telah tersedia untuk mengedit video. Namun, beberapa aplikasi desain terbaik antara lain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe XD, yang akan berfungsi dengan baik jika memiliki RAM 12 GB. 

Semua program perangkat lunak ini memiliki persyaratan umum RAM 8 GB dan lebih tinggi untuk menjalankannya dengan sempurna tanpa adanya hambatan. PC Anda tidak akan menghadapi masalah kelambatan apa pun saat menggunakan perangkat lunak ini, yang sangat bagus untuk pekerjaan cepat.

Untuk Pengeditan Video

Jika Anda ingin melakukan pengeditan video standar untuk keperluan biasa, RAM 12 GB sudah lebih dari cukup. PC Anda akan dapat menjalankan sebagian besar perangkat lunak pengeditan video rata-rata seperti Filmora, CyberLink Power Director 365, dll. Komputer Anda akan menjalankannya secara efisien tanpa menyebabkan masalah kelambatan. Namun, jika Anda ingin menggunakan beberapa perangkat lunak kelas atas dan membuat video berkualitas tinggi, maka RAM 12 GB ini tidak akan pernah cukup.

Beberapa program editing video premium seperti Adobe Premiere Pro , Adobe After Effects, dll, tidak akan berjalan maksimal di PC RAM 12 GB. PC Anda juga tidak akan berjalan lancar jika Anda menginstal perangkat lunak tersebut tanpa menggunakannya karena memerlukan ruang penyimpanan yang besar di PC. Jika Anda sinematografer atau pembuat film profesional, maka RAM 12 GB jauh di bawah standar.

Komputer Anda tidak akan dapat menjalankan perangkat lunak pengedit gambar atau video profesional apa pun, dan nantinya Anda akan menambahkan lebih banyak RAM agar semuanya berfungsi. Lebih baik menambahkan jumlah RAM yang cukup pada saat pembelian untuk kebutuhan pengeditan video tinggi.

Untuk Ponsel atau Smartphone

RAM PC sama sekali berbeda dengan RAM yang ada di ponsel. PC pada umumnya menggunakan RAM DDR3, DDR4 dan DDR5, yang merupakan pelat RAM yang relatif jauh lebih besar dengan kinerja yang telah ditingkatkan. 

Di sisi lain, ponsel menggunakan RAM LPDDR3 dan LPDDR4, yaitu pelat RAM kecil yang akan menawarkan kemampuan kinerja dan kecepatan yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, RAM 12 GB pada ponsel ini hanya bagus jika Anda ingin menggunakan ponsel untuk penggunaan acak.

Namun, jika ingin menggunakan aplikasi dan permainan kelas atas di ponsel, Anda sebaiknya memilih ponsel yang menawarkan RAM lebih dari 12 GB. Beberapa orang suka memainkan game realitas virtual di ponselnya, yang hanya dapat berjalan lancar di ponsel Anda jika RAM di atas 12 GB. Orang yang ingin melakukan live streaming di ponsel sambil menikmati game juga membutuhkan RAM yang lebih besar.

Demikian ulasan tentang Apakah RAM 12GB Bagus? Berikut Jawaban Lengkapnya untuk Anda seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.