Lift Bisa Dipasang di Rumah dengan Mempertimbangkan Hal ini

Biasanya untuk memasang lift di rumah, space atau ruang hoistway yang diperlukan adalah 1600 mm x 1700 mm.

Kamis, 4 Maret 2021 | 13:54 WIB
0
44
Lift  Bisa Dipasang di Rumah dengan Mempertimbangkan Hal ini
https://www.kohlerindo.com/aritco/

Memasang lift di hunian yang memiliki beberapa lantai adalah pilihan yang tepat.

Aktivitas dan kegiatan di hunian yang memiliki lift tersebut akan sangat terbantu dan memberikan kenyamanan yang berlipat ganda. Hunian yang memiliki beberapa lantai tentu memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing. Anda akan semakin lebih mudah dalam menjangkau lantai tersebut menggunakan fasilitas yang saat ini tergolong mewah ini. Tidak hanya itu, ruangan Anda juga akan terlihat lebih luas dan minimalis dengan kehadiran elevator tersebut.

Baca Juga: Lift Rumah Jadi Maksimal, Simak 6 Tips Memilihnya

Namun, untuk melahirkan suasana tersebut nyatanya perlu melakukan beberapa pertimbangan. Hal tersebut dikarenakan lift sebagai fasilitas yang bersifat permanen. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang lift di rumah Anda, ketahui beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini, yuk!

1. Lokasi Home Lift

Anda sangat disarankan untuk mengetahui dan mempertimbangan lokasi home lift yang akan dipasang tersebut. Sebaiknya memilih lokasi yang strategis dan sangat mudah dijangkau seperti di ruang tamu atau keluarga, dekat dengan pintu utama, atau di sudut ruangan kamar keluarga Anda.  Tidak hanya itu, bahan konstruksi gedung dan kualitasnya juga penting untuk ditilik terlebih dahulu. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jenis lift dan daya tahan fasilitas tersebut dimasa yang akan datang.

2. Jenis Lift dan Kapasitas Penumpang

Selain lokasi, jenis lift dan kapasitasnya juga penting untuk Anda pertimbangkan. Dewasa ini, home elevator sudah memiliki jenis yang sangat beragam. Pastikan jenis yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda dengan kapasitas yang memenuhi kebutuhan aktivitas Anda. Biasanya home elevator bisa bergerak dengan kecepatan 1 m/s hingga 7 m/detik. Home elevator yang cocok untuk dipasang di rumah biasanya memiliki kapasitas 250 kg sampai 450 kg  (3 sampai 5 orang). Pastikan kapasitas home elevator disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

3. Hoistway

Hoistway juga tidak kalah penting dari kedua hal sebelumnya. Hoistway adalah tempat lorong vertikal di mana kabin elevator akan naik dan turun. Hal ini tentu berhubungan erat dengan keselamatan penggunanya dan daya tahan fasilitas tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang hoistway seperti kedalaman pit, struktur hoistway, ruang mesin, dan juga top floor overhead.

Demi keamanan dan kenyamanan, untuk memasang hoistway sangat disarankan untuk didiskusikan dengan ahlinya. Biasanya untuk memasang lift di rumah, space atau ruang hoistway yang diperlukan adalah 1600 mm x 1700 mm. Para ahli dalam bidang tersebut pastinya juga akan memberikan Anda opsi jenis lift yang paling tepat kepada hunian Anda.

Baca Juga: Harga Lift Rumah Dipengaruhi oleh 5 Hal Ini, Wajib Tahu!

Demikian ah beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan jika ingin memasang lift di rumah. Jika perlu beberapa referensi dan pengetahuan mendasar tentang lift lainnya, Anda dapat temukan di sini.

***