Nama Genesis Dipertaruhkan

Bahwa mobil yang berguling berulangkali hingga berhenti di dasar jurang dapat mengurangi risiko cedera yang dialami pengendaranya sudah terbukti.

Kamis, 25 Februari 2021 | 20:27 WIB
0
142
Nama Genesis Dipertaruhkan
Genesis buatan Hyundai (Foto: Facebook/James Novak Luhulima)

Pegolf terkemuka dunia, Tigerwoods, mengalami kecelakaan di kawasan perbukitan Palos Verdes, Los Angeles, Rabu (24/2/2021) siang. Dilaporkan bahwa Tiger Woods mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi dan hilang kendali sehingga mobilnya jatuh ke jurang.

Mobilnya rusak parah sehingga Tiger Woods harus dikeluarkan melalui kaca depan yang sudah hancur. Tiger Woods mengalami cedera di bagian kaki dan telah dioperasi, tetapi cedera itu tidak mengancam jiwanya.

Perhatian kemudian ditujukan kepada mobil yang dikendarainya, yakni sebuah sport utility vehicle (SUV) bermerek Genesis, GV80. Genesis adalah merek mobil papan atas keluaran Hyundai, seperti Lexus keluaran Toyota, Acura (Honda), dan Infinity (Nissan).

GV80 dilengkapi dengan 10 kantung udara (airbag), forward-collision warning system, dan driver monitoring system yang dapat memonitor bagaimana kondisi atau kesiapsiagaan pengemudi saat mengendarai mobil.

Pertanyaannya, mengapa kecelakaan itu sampai terjadi?

Memang lebih dari 80 persen kecelakaan terjadi karena kesalahan manusia. Namun, perangkat safety yang melengkapi mobil seharusnya dapat mengurangi risiko terjadi kecelakaan, dan kalaupun kecelakaan terjadi maka mobil dapat melindungi orang yang di dalamnya sehingga akibatnya tidak fatal.

Bahwa mobil yang berguling berulangkali hingga berhenti di dasar jurang dapat mengurangi risiko cedera yang dialami pengendaranya sudah terbukti. Tinggal kini menunggu penjelasan mengapa kecelakaan itu tidak terhindarkan.

***