Pentingnya Keamanan Jaringan: Dasar-dasar, Implementasi, dan Strategi Pertahanan

Jumat, 8 Desember 2023 | 06:52 WIB
0
27
Pentingnya Keamanan Jaringan: Dasar-dasar, Implementasi, dan Strategi Pertahanan
Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah proses menggunakan solusi keamanan fisik dan perangkat lunak untuk melindungi infrastruktur jaringan yang mendasarinya dari akses yang tidak sah, penyalahgunaan, malfungsi, modifikasi, penghancuran atau pengungkapan yang tidak benar, menciptakan platform yang aman untuk komputer, pengguna, dan program lainnya. 

Secara keseluruhan, keamanan jaringan berkaitan dengan penerapan kebijakan, prosedur, dan alat keamanan untuk mencegah orang atau program yang tidak berwenang mengakses jaringan Anda, perangkat yang terhubung, dan data lalu lintas jaringan. 

Keamanan jaringan mencakup berbagai jaringan komputer publik dan pribadi yang digunakan setiap hari. Dari melakukan transaksi, berkomunikasi di dalam dan di luar organisasi Anda, lembaga pemerintah, dan individu, semuanya bergantung pada beberapa bentuk keamanan jaringan setiap hari. 

Apa Dasar-dasar Keamanan Jaringan?

Keamanan jaringan dikenal sebagai otentikasi satu faktor. Jaringan yang lebih aman dapat menggunakan otentikasi dua faktor, di mana pengguna harus "memiliki" sesuatu seperti token keamanan atau ponsel, jaringan lain dapat menggunakan otentikasi tiga faktor yang mengharuskan pengguna "adalah" sesuatu seperti sidik jari atau pemindaian retina. Setelah pengguna itu telah melakukan sebuah autentikasi. 

Maka firewall akan segera memberlakukan kebijakan yang sangat penting untuk menentukan apa yang diizinkan untuk diakses. Meskipun otentikasi bagus dalam mencegah akses yang tidak sah, otentikasi dapat gagal untuk memeriksa worm dan trojan yang dikirimkan melalui jaringan. Inilah mengapa keamanan jaringan biasanya memiliki tahap yang bekerja sama dalam pertahanan berjenjang, yaitu:

- Perlindungan: Konfigurasi sistem dan jaringan agar berfungsi dengan benar dengan kontrol akses 

- Deteksi: Kemampuan untuk mengidentifikasi ketika konfigurasi telah berubah atau lalu lintas jaringan yang mencurigakan

- Reaksi: Setelah diidentifikasi, Anda dapat merespons ancaman dunia maya dan mengembalikan jaringan ke keadaan aman dengan cepat

Penjahat dunia maya akan menggunakan beberapa vektor serangan untuk mendapatkan akses ke jaringan Anda, jadi pertahanan secara mendalam itu penting. Anda memerlukan langkah-langkah keamanan yang melindungi terhadap berbagai jenis perangkat lunak berbahaya. 

Seperti (malware), phishing, spyware, trojan, ransomware, dan banyak serangan dunia maya lainnya. Dengan keamanan jaringan yang baik, Anda dapat melindungi data sensitif dan memblokir serangan, menghapus penyerang potensial bahkan setelah mereka mendapatkan akses ke bagian dari jaringan.

Seperti apa Hal yang Dimaksud dengan Keamanan Jaringan?

Bagaimana Menerapkan Keamanan Jaringan

Untuk menerapkan strategi keamanan jaringan pertahanan secara mendalam, Anda perlu menggunakan serangkaian kontrol keamanan untuk mengurangi risiko keamanan siber seperti:

- Perlindungan jaringan administratif: Metode keamanan yang mengontrol perilaku dan akses jaringan pengguna. Sekaligus memberikan prosedur operasi standar bagi petugas TI untuk melakukan perubahan infrastruktur.

- Perangkat lunak anti-malware dan antivirus: Perangkat lunak anti-malware dan antivirus dirancang untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat lunak berbahaya (malware) dari komputer. 

- Keamanan aplikasi: Aplikasi tidak aman merupakan ancaman keamanan umum yang memungkinkan penyerang mendapatkan akses ke jaringan Anda. 

- Analisis perilaku: Untuk mendeteksi perilaku yang mencurigakan, Anda perlu mengetahui seperti apa perilaku normal itu. 

- Pencegahan kehilangan data (DLP): Pencegahan kehilangan data dan tim keamanan informasi peduli dengan memastikan staf tidak secara sengaja atau tidak sengaja membocorkan data sensitif atau informasi pengenal pribadi (PII) di luar jaringan, yang mengakibatkan pelanggaran data atau kebocoran data. 

- Keamanan email: Email adalah salah satu risiko keamanan siber terbesar bagi organisasi mana pun. 

- Keamanan titik akhir: Keamanan titik akhir adalah metodologi yang digunakan untuk melindungi jaringan perusahaan saat diakses melalui perangkat jarak jauh seperti laptop atau ponsel. 

- Sistem deteksi intrusi (IDS): Sistem deteksi intrusi (IDS) adalah alat keamanan jaringan yang dirancang untuk mendeteksi eksploitasi kerentanan, aktivitas jahat, atau pelanggaran kebijakan. 

- Sistem pencegahan intrusi (IPS): Sistem pencegahan intrusi (IPS) memantau jaringan untuk aktivitas berbahaya seperti ancaman keamanan atau pelanggaran kebijakan. 

- Perangkat seluler dan keamanan nirkabel: Perangkat nirkabel, seperti perangkat apa pun, dapat memiliki kerentanan dan kelemahan keamanan. Ini dipasangkan dengan kemampuan untuk terhubung ke jaringan tidak aman di luar kantor saat bepergian atau duduk di kedai kopi sangat meningkatkan risiko serangan man in the middle. 

- Kontrol akses jaringan (NAC): Pembatasan selektif jaringan komputer atau jaringan nirkabel. Proses keamanan jaringan ini membantu mengontrol siapa yang memiliki akses ke jaringan Anda. 

- Segmentasi jaringan: Segmentasi jaringan yang ditentukan perangkat lunak atau perangkat keras dapat mengurangi risiko serangan berbasis jaringan yang menyebar ke seluruh jaringan. 

- Perlindungan jaringan teknis: Perlindungan jaringan teknis digunakan untuk melindungi data dalam jaringan dengan menjaga data yang disimpan dan dalam perjalanan dari perangkat lunak berbahaya dan akses yang tidak sah. 

Itulah ulasan tentang hal yang dimaksud dengan keamanan jaringan seperti yang dilansir slot. Semoga bermanfaat.