Media Sosial

Tapi sesungguhnya, jangan pernah seenaknya memindahkan tulisan media sosial ke media cetak semacam koran atau majalah. Begitu juga sebaliknya.

Kamis, 11 November 2021 | 07:07 WIB
0
138
Media Sosial
Melancong (Foto: Dok. pribadi)

Perempuan itu bergaun panjang dengan rambut sebahu yang mengibas malam. Ia berdiri kesepian dan diam di ujung peron, menanti lelaki yang takkan pernah datang ...

Ah, …. jangan menunggu kelanjutan kisahnya. Saya tak hendak bercerita tentang perempuan kesepian.

Saya ingin mengungkapkan: betapa bebas berselancar dengan kalimat di media sosial ini, nyaris tiada batas, dengan khayalan yang tak terangkum kata-kata di kamus-kamus bahasa. Celoteh, celotehlah sendiri. Murka, murkalah sendiri. Atau jika hendak menyindir, media sosial ini sungguh ruang yang lapang.

Tapi sesungguhnya, jangan pernah seenaknya memindahkan tulisan media sosial ke media cetak semacam koran atau majalah. Begitu juga sebaliknya. Tulisan ala media sosial ini bukan produk jurnalisme, ia tak mematuhi – kalau tidak disebut melanggar -- begitu banyak pakem-pakem penulisan ala wartawan.

Pagar api yang membatasi opini dan fakta, yang begitu dijunjung dalam penulisan di media massa, misalnya. Media sosial memberi kita ruang untuk memadukannya, menulis angka, nama, peristiwa, kutip sana-sini sembari memuji atau menghinakan – menelusupkan sebesar-besar pendapat dan perasaan pribadi di dalamnya.

Saya ingat satu nasehat klasik buat para penulis baru: “Jika Anda tak penting benar di dalamnya, jangan pernah masukkan dirimu dalam tulisan.”

Tapi di media sosial, sungguh nikmat menulis apa saja, sembari bersaya-saya dan mendaku-daku, seolah-olah kehadiran diri lebih penting dari siapa pun dalam cerita. Seperti saya, yang berpose di sebuah negeri, tapi bukan negeri itu sesungguhnya yang hendak saya tampilkan. Tapi "saya" …

Dan satu hal lagi pembedanya: menulis di media sosial itu tanpa gaji. Entah buat mereka yang mencari nafkah di situ.

Oya, ini status tiada arti. Anggap sebagai celometan. Namanya saja media sosial.

***