Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Dak Beton

Alternatif cara membuat dak beton tidak bocor adalah dengan melakukan pengecatan ulang secara menyeluruh.

Kamis, 21 Juli 2022 | 19:13 WIB
0
130
Hal yang Harus Diperhatikan  Saat Membuat Dak Beton
Image: Unsplash

Banyak saluran beton memiliki masalah kebocoran.

Singkatnya, kita membutuhkan cara untuk mencegah kebocoran saluran. Mencegah kebocoran saluran beton penting untuk memperkuat saluran dan mengurangi jumlah panas dan kelembaban yang dapat masuk ke ruang di bawahnya. Pertumbuhan jamur dapat menyebabkan kerusakan kualitas visual dan kesehatan pengguna bangunan.Jadi, penting untuk mencegah pertumbuhan jamur di bagian mana pun dari bangunan Anda.


Baca juga: Tips Memilih Pelapis Dak Anti Bocor


Cara Membuat Dak Beton tidak Bocor

1. Mengaplikasikan Waterproofing

Waterproofing adalah sebuah teknologi melapisi bagian permukaan agar lebih kedap air dan mengurangi potensi air merembes ke bagian ruangan rumah. Waterproofing membuat air meluncur tanpa menempel pada permukaan. Saat ini banyak sekali model waterproofing yang berkembang di masyarakat, modelnya juga beragam, seperti campuran semen maupun seperti cat. Pilihlah sesuai kebutuhan dan fungsi dari waterproofingnya untuk melindungi rumah secara maksimal.


2. Menggunakan Fungicidal Wash

Bagian lembab berpotensi menyebabkan tumbuhnya jamur yang berbahaya bagi kesehatan penghuni rumah, selain itu juga bisa membuat dinding terkelupas dan rusak. Sebelum melakukan perawatan lainnya, pastikan sudah menggunakan fungicidal wash untuk mematikan jamur.


3. Membersihkan dari Kotoran Secara Rutin

Bagian dak merupakan bagian paling kotor, terutama dari debu-debu dan sampah-sampah dari atap. Pembersihan secara berkala bisa membantu penghuni rumah agar merasa lebih nyaman, aman, sehat, juga mencegah terjadinya kerusakan yang mengakibatkan bocor.


4. Plester Ulang Menggunakan Semen

Apabila dulu ketika membuat dak campurannya tidak sempurna sehingga terjadi kebocoran, ada baiknya melakukan plester ulang dengan semen. Setelah itu tambahkan waterproofing berbahan dasar semen agar bisa melindungi dari potensi kebocoran akibat hujan lebat.


5. Lakukan Pengecatan Ulang

Alternatif cara membuat dak beton tidak bocor adalah dengan melakukan pengecatan ulang secara menyeluruh. Gunakan cat khusus anti bocor pada dak beton yang telah dibersihkan untuk hasil lebih maksimal.

Baca juga: 7 Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor yang Harus Diperhatikan 

Nah itu dia beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada hunian rumah, semoga artikel ini bermanfaat.