Mengenal HTML Dasar untuk Web Devloper Pemula

Struktur dasar HTML merupakan berbagai elemen yang terkumpul menjadi satu guna membuat fungsi bahasa pemrograman menjadi efektif.

Rabu, 27 April 2022 | 05:16 WIB
0
212
Mengenal HTML Dasar untuk Web Devloper Pemula
Mengenal HTML dasar untuk pemula

Tahukah Anda, penting untuk memahami HTML dasar bagi siapa saja yang ingin berkarir sebagai web developer. Apalagi jika Anda adalah pemula dalam menggeluti bidang ini. Apa itu HTML? HTML adalah bahasa untuk pembuatan web yang membantu para developer dalam membuat website.

Meski saat ini sudah banyak sekali cara membuat website secara instan tanpa perlu mempelajari coding (pemrograman), rupanya mempelajari HTML dasar masih menjadi tahapan yang penting. Dengan mempelajari HTML dasar, Anda tak hanya dapat membuat website, tapi juga dapat melakukan optimasi secara berkala.

Salah satunya yaitu saat Anda ingin melakukan redesign website. Setelah tampilan UI/UX (User Interface/User Experience) di design, pengimplementasiannya memerlukan akses yang terkait dengan backend website. Termasuk mengimplementasikan HTML.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas HTML dasar secara komprehensif. Simak selengkapnya!

Pengertian dan Sejarah Singkat HTML

Apakah Anda sudah memahami apa itu HTML? Secara singkat, HTML adalah akronim dari Hypertext Markup. HTML sendiri merupakan penggabungan dari dua istilah, yaitu hypertext dan markup language. 

Hypertext merupakan dokumen tautan yang memberi kesempatan penjelajah untuk memasuki link tertentu. Sementara markup language adalah bahasa pemrograman yang mengumpulkan berbagai kode untuk kemudian menyusunnya menjadi sebuah informasi.

Sejarah HTML dasar terbilang cukup unik, karena pada mulanya diperuntukkan oleh Komisi Eropa untuk melakukan penelitian nuklir di Perancis yang membutuhkan sistem untuk saling berbagi dokumen. Maka, salah seorang ahli bernama Tim Berners Lee membuat ENQUIRE yang menjadi prototype HTML.

ENQUIRE merupakan software hypertext yang tujuannya untuk saling berbagi dokumen. Pada tahun 1989, Tim memperkenalkan hyperlink berbasis internet dan ini menjadi cikal bakal berdirinya bahasa pemrograman atau yang sekarang kita kenal sebagai HTML.

Tahun 1991 Tim mengeluarkan dokumen dengan judul HTML Tags yang mana berisi penjelasan mulai dari dasar terkait hypertext markup language secara lengkap. Temuan inilah yang menjadi asal-usul keberadaan bahasa pemrograman html saat ini.

Baca Juga: Jenis Jenis Bahasa Pemrograman yang Paling Populer

Tools yang Dibutuhkan untuk Belajar HTML

Dalam mempelajari html dasar, terdapat beberapa tools yang akan memudahkan Anda selama proses belajar. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Teks Editor

Teks editor berfungsi untuk menulis berbagai kode bahasa pemrograman. Dalam penulisan kode bahasa ini, Anda dapat menggunakan notepad maupun notepad++. Tools lain yang dapat Anda gunakan untuk penulisan kode adalah Visual Studio Code.

2. Web Browser

Tools kedua yang digunakan untuk penulisan kode bahasa pemrograman adalah web browser untuk membuka bahasa pemrograman. Anda dapat menggunakan berbagai web browser, tapi tentu akan lebih mudah jika Anda menggunakan versi terbaru seperti Chrome.

Struktur Dasar HTML

Struktur dasar HTML merupakan berbagai elemen yang terkumpul menjadi satu guna membuat fungsi bahasa pemrograman menjadi efektif. Ketika melihat proses coding, orang awam akan merasa rumit dan banyak elemen digunakan. Tapi jangan khawatir, semakin terbiasa Anda akan semakin mudah memahaminya.

Berikut beberapa hal yang menjadi struktur dasar html:

1. 

Berfungsi untuk menginformasikan komputer bahwa Anda membuat sebuah instruksi bahasa pemrograman.

2. 

Adalah sebuah tag yang menandakan berakhir dan mulainya sebuah dokumen.

3. 

Merupakan bagian dari struktur HTML dasar yang berisi metadata bahasa pemrograman, dalam hal ini berupa judul, deskripsi, meta deskripsi, dan sebagainya.

4. 

Merupakan tempat untuk menyematkan konten dari halaman websitenya.

Dari berbagai kerangka inti tersebut, nantinya akan menampilkan berbagai informasi yang selama ini Anda terima dari berbagai situs di internet. Nah, apakah Anda sudah cukup memahami HTML dasar?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memahami  HTML dengan lebih mudah yaitu ikut serta coding school. Salah satu coding school yang dapat menjadi pilihan Anda dalam mempelajari HTML dasar yaitu Upscale Techforces.

Upscale Techforces merupakan salah satu layanan dari perusahaan IT Solution, Barito Integra Teknologi atau BIT dengan layanan kelas belajar coding menggunakan bahasa Node JS dan React, yang tentunya juga mempelajari HTML.

Baca Juga: Cara Belajar Coding untuk Pemula Secara Efektif

Kunjungi laman Upscale Techforces untuk info selengkapnya, dan kunjungi blog kami untuk mempelajai info terkait coding atau pemrograman.

***