5 Alasan Mengapa Menggunakan WordPress untuk Membangun Blog

WordPress mengeluarkan biaya penyiapan, penyesuaian, dan pemeliharaan yang lebih sedikit dibandingkan dengan CMS Open Source lainnya seperti Drupal dan Joomla.

Selasa, 15 Juni 2021 | 00:44 WIB
0
44
5 Alasan Mengapa Menggunakan WordPress untuk Membangun Blog
Belajar Wordpress Gratis Bersama Doni Bastian

WordPress, sejauh ini adalah merupakan Content Management System (CMS) open source paling populer, yang digunakan oleh sekitar 75 juta situs web.

WordPress gratis untuk dipasang, disebarkan, dan ditingkatkan. Ribuan plugin dan template mendukung antarmuka yang fleksibel dan sederhana, yang mengurangi biaya pengembangan dan waktu penerapan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa WordPress menjadi pilihan utama untuk membangun sebuah blog :

1. CMS paling populer di dunia

WordPress memegang pangsa pasar CMS terbesar  dan saat ini telah menyumbang lebih dari seperempat dari semua situs web yang ada di jagad maya. Akibatnya, banyak pengguna yang sudah terbiasa dengan CMS WordPress, yang membutuhkan lebih sedikit pelatihan ketika membangun situs baru.

2. Open Source dengan ruang untuk ekspansi

WordPress dapat dihosting sendiri, jadi tidak ada biaya yang terkait dengan pengunduhan, pemasangan, dan peningkatan versi. Ada lebih dari 50.000 plugin WordPress (seringkali gratis), seperti tayangan slide, formulir kontak, pengoptimalan SEO, dll.

3. Sangat Mudah Disesuaikan dengan Keinginan Pengembang

WordPress populer karena memenuhi tuntutan banyak pengguna dengan kerangka kerja yang fleksibel, yang memungkinkan desainer dan pengembang untuk membuat dan memodifikasi tata letak dan aplikasi. Ditambah dengan ekstensi buatan pengguna, situs web tidak lagi dibatasi oleh ekstensi perusahaan.

4. Dirancang Untuk Siapa Saja, Tidak hanya Pengembang

Sebelum WordPress menjadi CMS populer untuk pengembangan situs web, WordPress dikembangkan untuk blogger yang tidak paham teknologi. Jadi, sebagian besar komponen antarmuka pengguna mudah digunakan, dan ada manual tertulis dan rekaman yang tersedia untuk mempelajari cara menggunakan fungsi WordPress dengan mudah. Jika ada kerumitan pengaturan dan penyesuaian situs web, yang harus Anda lakukan adalah memperbarui konten di halaman, posting, widget, dll.

5. Biaya penyiapan dan pemeliharaan yang lebih rendah

Menurut DeviousMedia, WordPress mengeluarkan biaya penyiapan, penyesuaian, dan pemeliharaan yang lebih sedikit dibandingkan dengan CMS Open Source lainnya seperti Drupal dan Joomla. Selain itu, relatif lebih mudah untuk menemukan desainer dan pengembang WordPress jika lebih banyak penyesuaian atau pengembangan diperlukan di masa mendatang. Anda tidak dikunci oleh situs web statis atau CMS berpemilik yang mahal untuk diubah setelah pengembangan awal.

Bagaimana menurut anda?

Apakah anda tertarik Belajar Wordpress Gratis bersama saya ?  Tak perlu waktu lama, asal anda serius, dalam 3 bulan saja anda telah mahir mengelola blog anda.

Yuk.. gabung...

Doni Bastian