Mengenal Hollow, Kelebihan dan kekurangan

Pipa kotak galvanis pada umumnya akan dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan outdoor yang berpotensi terpapar sinar matahari dan air hujan secara langsung.

Rabu, 2 Februari 2022 | 10:34 WIB
0
163
Mengenal Hollow, Kelebihan dan kekurangan
pipa kotak atau pipa hollow

Pipa kotak atau yang sering disebut juga sebagai hollow adalah salah satu material yang sering digunakan dalam konstruksi akhir-akhir ini. Pipa kotak sering dipakai di rumah-rumah modern khas generasi milenial yang minimalis. Di luar itu, pipa kotak juga berperan penting dalam struktur atap, rangka, kebutuhan eksterior dan interior rumah hingga pabrikasi furniture. Cukup banyak fungsinya ya? 

Mari berkenalan dengan pipa kotak:

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, pipa kotak adalah salah satu jenis pipa besi yang sering dipakai selain pipa hitam. Pipa kotak sendiri adalah pipa yang memiliki bentuk kotak dengan panjang standar 6 meter dengan ukuran mulai dari 20 x 20 mm hingga 200 x 200 mm dengan ketebalan dan berat yang bervariasi. (Baca: cara menghitung berat pipa kotak).

Pipa kotak berperan penting dalam pembuatan hal-hal berikut ini: Pagar minimalis, pintu lipat dan pintu teralis, pegangan tangga, kanopi, plafon, dan balkon. Pipa kotak yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan di atas tentu berbeda-beda, untuk kebutuhan yang ringan dan tidak terlalu krusal seperti pagar, maka penggunaan pipa kotak dengan ketebalan 1.2 mm sudah lebih dari cukup. Sedangkan penggunaan pipa kotak untuk kanopi dan plafon membutuhkan pipa kotak yang lebih tebal.

Pipa kotak banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, misalnya: material pipa kotak apabila dibandingkan dengan material lain relatif lebih ekonomis. Mengapa bisa begitu? karena pipa kotak yang terbuat dari besi baja mempunyai kekuatan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan material lainnya.

Selain itu, simplifitas pipa kotak juga menjadi salah satu faktor banyak orang yang menggunakan ini. Selain itu, pipa kotak juga merupakan material yang anti karat sehingga relatif lebih aman.

Pipa kotak sendiri memiliki beberapa jenis yakni pipa kotak hitam yang terbuat dari hot-rolled steel berwarna hitam keabu-abuan. Selain itu ada juga pipa kotak galvanis yang terbuat dari hot-rolled steel yang juga dilapisi dengan lapisan galvanis. Pipa kotak galvanis relatif lebih tahan terhadap korosi. Oleh karena itu, pipa kotak galvanis pada umumnya akan dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan outdoor yang berpotensi terpapar sinar matahari dan air hujan secara langsung.

Selain pipa kotak hitam dan galvanis, ada satu jenis lagi pipa kotak yang disebut sebagai pipa kotak galvalum. Pipa kotak galvalum memiliki lapisan luar yang terdiri atas aluminium, zinc, dan silikon yang lebih tahan karat dibandingkan dengan pipa kotak galvanis, namun pipa kotak jenis ini lebih rawan sering keropos.

Jika anda ingin menggunakan pipa kotak sebagai salah satu bahan untuk konstruksi anda, anda juga perlu tahu beberapa kekurangan dari pipa kotak ini, antara lain: apabila memerlukan struktur yang panjang, maka penggunaan pipa kotak akan merepotkan karena ukuran standarnya hanya 6 meter. Selain itu, pipa kotak juga tidak dapat menahan beban yang terlalu berat. Hal ini disebabkan karena pipa kotak tidak sesolid besi baja lainnya seperti WF.

Kelemahan lainnya adalah pipa kotak hitam tidak sekuat pipa kotak galvanis maupun galvalum dalam hal ketahanan terhadap karat.

Itu dia penjelasan singkat mengenai pipa kotak. Mengetahui jenis-jenis besi konstruksi sebelum memutuskan untuk membangun suatu bangunan adalah hal yang penting yang perlu anda lakukan. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang masih kebingungan dan belum memahami sepenuhnya tentang pipa kotak. 

***