4 Langkah Penciptaan Digital: Cara Membangun Otak Kedua Anda

Otak kedua Anda adalah rumah dan lab—ruang yang telah Anda bangun memungkinkan Anda menjadi kreator digital yang produktif, Cobalah, dan bereksperimen dengan bebas.

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:16 WIB
0
19
4 Langkah Penciptaan Digital: Cara Membangun Otak Kedua Anda
image: PT

Jalur untuk menjadi kreator digital.

Poin-Poin Penting

  • "Otak kedua" adalah rumah bagi informasi digital yang telah dikumpulkan dan akan digunakan untuk kreasi digital di masa mendatang.
  • "Otak kedua" terdiri dari metode pengorganisasian serta cara menyaring isinya, seperti melalui pencatatan.
  • Konsep "otak kedua" dikembangkan oleh Tiago Forte dari Forte Labs.

Setiap orang yang memiliki hasrat untuk produktivitas—dan bahkan Anda yang hanya ingin menjadi lebih efisien dan menyelesaikan lebih banyak hal—telah membaca tentang keajaiban memiliki "otak kedua". Jadi apa itu? Apa manfaatnya bagi Anda? Bagaimana Anda dapat membangun “otak kedua” Anda sendiri?

Otak kedua adalah rumah digital yang Anda bangun yang membantu Anda menjadi pencipta digital.

Konsep otak kedua dikembangkan oleh Tiago Forte dari Forte Labs. Seorang guru organisasi digital, dia memulai perjalanannya sebagai anak muda, terpikat dengan mengatur LEGO-nya. Bertahun-tahun kemudian, Forte menemukan bahwa dia membutuhkan metodologi yang memungkinkan dia untuk mengatur sejumlah besar informasi yang telah dia kumpulkan secara digital, pertama seputar topik kesehatan fisiknya, dan kemudian sebagai ahli kreasi digital, dan guru metodenya.

Otak kedua adalah lab tempat Anda menjadi pencipta—menggunakan blok penyusun yang telah Anda unduh di komputer, ponsel cerdas, iPad, atau perangkat digital lainnya.

Otak kedua bukan hanya perpustakaan atau gudang informasi. Sebaliknya, tujuannya adalah untuk membantu Anda menggunakan informasi yang Anda kumpulkan untuk membuat sesuatu yang baru yang akan Anda bagikan dengan orang lain. Orang lain mungkin keluarga dan teman Anda, atau mungkin seluruh dunia.

Semua gambar dan cerita yang telah Anda kumpulkan dari internet yang telah Anda baca atau yang menurut Anda akan Anda baca di masa mendatang, memerlukan rumah tempat Anda dapat menemukannya saat Anda membutuhkannya. Otak kedua Anda adalah rumah bagi semua yang Anda yakini mungkin Anda perlukan saat menulis atau membuat sesuatu yang baru untuk dibagikan kepada orang lain.

Apa langkah tindakan yang Anda ambil untuk membangun otak kedua Anda?

Ada empat langkah tindakan yang terlibat dalam menciptakan otak kedua. Sering disingkat sebagai akronim, CODE, langkah-langkah tindakannya adalah: "capture - menangkap", "organize - mengatur", "distill - menyaring", dan "express - mengekspresikan". Jadi apa artinya ini sebenarnya?

Menangkap

Menangkap—atau secara pribadi, saya telah menambahkan kata "mengumpulkan"—mengacu pada bagaimana Anda akan menangkap sesuatu untuk dimasukkan ke dalam otak kedua Anda. Ada banyak cara untuk mengumpulkan barang secara digital. Anda dapat menyimpan gambar, diagram, dan artikel di aplikasi "penciptaan masa depan" atau "pembacaan masa depan", misalnya di aplikasi pembuat catatan (pencatat): Evernote, Notion, Obsidian, ReadWise, atau Roam Research. Saya biasanya menyimpan artikel sebagai tautan, atau sebagai PDF di Evernote, ReadWise, dan Notion. Saya menyimpan gambar yang saya ambil dari layar komputer saya di Notion, Obsidian, atau Roam Research. Ada banyak aplikasi "pencatat" baru untuk dicoba.

Mengatur

Mengatur mengacu pada bagaimana Anda akan mengkategorikan informasi yang telah Anda ambil. Metode Forte, yang telah diadaptasi oleh banyak dari kita, mencakup empat komponen, disingkat "P.A.R.A." Saya telah "mem-para-kan" hard drive saya, dan informasi di semua aplikasi yang saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"P" mengacu pada "Project - Proyek". Ini adalah proyek yang sedang saya kerjakan saat ini. Misalnya, postingan yang saya tulis ini adalah "proyek".

"A" mengacu pada "Area - Bidang". Misalnya, salah satu bidang saya adalah "menulis". Saat saya mengerjakan sebuah postingan, ini adalah "proyek". Ketika saya selesai melakukannya, itu masuk ke dalam kategori "menulis", bersama dengan semua posting lain yang telah saya tulis.

"R" mengacu pada "Resources - Sumber Daya." Ini mengacu pada semua informasi yang saya kumpulkan yang mungkin ingin saya rujuk di masa mendatang. Misalnya, jika saya membaca artikel tentang cara menerbitkan artikel yang telah saya tulis, saya akan menyimpannya di file "sumber daya" saya—di hard drive atau aplikasi pencatat saya.

"A" mengacu pada "Archieve - Arsip." Arsip adalah rumah untuk semua yang saya gunakan atau kerjakan di masa lalu dan tidak perlu lagi memiliki akses yang mudah. Sebagai seorang pengajar, kelas yang saya ajar saat ini adalah "proyek" sedangkan semua kelas sebelumnya yang saya ajar disimpan dalam arsip.

Tujuan penggunaan “PARA” adalah untuk memudahkan saya menemukan materi yang saya butuhkan sebagai kreator digital, dulu, sekarang, dan masa depan.

Menyaring

Menyaring adalah kategori tindakan ketiga di otak kedua saya dan merujuk pada apa yang mungkin sebenarnya saya lakukan dengan sesuatu yang telah saya tangkap atau kumpulkan. Misalnya, saya dapat mengunduh dan menyimpan artikel tentang cara menulis artikel yang lebih menarik. Ketika saya membaca artikel tersebut, saya dapat mencatatnya, menyoroti bagian-bagiannya, atau menulis komentar tentang bagian-bagian artikel yang menurut saya paling penting. Ini dianggap "menyaring" artikel. Ini memudahkan saya untuk kembali ke pos dan mengubahnya menjadi "catatan" yang—sekilas—memungkinkan saya melihat bagian yang paling penting atau berguna bagi saya.

Mengekspresikan

Alasan Anda membangun otak kedua adalah untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dengan kata lain, Anda tidak hanya mengumpulkan benda untuk disimpan—informasi di otak kedua Anda adalah materi yang akan Anda gunakan sebagai pencipta, pembangun, atau penemu. Mengekpresikan adalah kata yang digunakan untuk mencerminkan proses penciptaan ini.

Cerita, gambar, dan ide yang telah menemukan rumah di otak kedua Anda adalah bahan penyusun dari apa pun yang akan Anda buat. Saya seorang psikolog, pendidik, dan penulis, jadi materi di otak kedua saya adalah bahan penyusun dari apa yang akan saya ajarkan di kelas yang saya rencanakan, atau artikel yang akan saya tulis.

Otak kedua Anda adalah rumah dan lab—ruang yang telah Anda bangun memungkinkan Anda menjadi kreator digital yang produktif, Cobalah, dan bereksperimen dengan bebas. Otak kedua Anda akan menjadi gambaran dari otak pertama Anda yang terorganisir secara unik, di mana akhirnya Anda akan dapat menemukan materi yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya, untuk kreasi digital.

***
Solo, Selasa, 24 Januari 2023. 12:58 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko