Cara Mengaktifkan Fitur God Mode di Windows 10 Sang Legenda

Anda bisa mengelompokkan beragam menu dan pengaturan tersebut agar mudah dalam menemukan pengaturan yang Anda maksud di kemudian hari.

Minggu, 12 Maret 2023 | 19:36 WIB
0
73
Cara Mengaktifkan Fitur God Mode di Windows 10 Sang Legenda
Good Mode

Sebagai pengguna Windows dari lama, bisa jadi Anda pernah mendengar istilah God Mode pada sistem operasi Windows. Hal tersebut sangat menarik untuk dijajal mengingat fungsi dan benefitnya yang menarik untuk digunakan.

Ya, ada banyak yang bisa Anda eksplorasi dari sebuah komputer, dan Anda bisa mengulik beragam fitur tersembunyi yang sangat sedikit orang ketahui. Memang, Anda bisa menggunakan komputer dalam mode normal. Namun, mencoba menggunakan God Mode Windows bisa saja membuat Anda tertarik meski menimbulkan resiko seperti kerusakan sistem operasi.

Nah, sebelum mencoba untuk mengaktifkan fitur menarik ini, bisa jadi Anda penasaran apa itu God Mode Windows. Maka, artikel ini akan membantu Anda mengetahui apa itu God Mode Windows dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Lantas, apa itu God Mode sebenarnya?

Apa Itu God Mode Windows?


Pada dasarnyam God Mode pada sistem operasi Windows merupakan istilah saja. Nama aslinya adalah Windows Master Control Panel. Meski begitu, istilah God Mode Windows masihlah populer dan menjadi istilah yang sangat disukai oleh banyak orang yang senang otak-atik komputer Windows.

Meski ini merupakan fitur lawas yaitu fitur yang terdapat pada versi Windows lama, namun pada akhirnya Anda bisa merasakan Windows God Mode ini pada Windows `10. Meski dalam penggunaan normal Anda tidak membutuhkan fitur ini, namun bagi Anda yang merupakan seorang ahli Teknologi Informasi, pengelola komputer dan penggemar upgrade tingkat lanjut tentu senang dengan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mengaktifkan God Mode Windows


Pada dasarnya, God Mode Windows memiliki fungsi seperti control panel. Namun bedanya, pada God Mode Windows memiliki pengaturan tersembunyi yang tidak dimiliki oleh control panel pada umumnya. Maka dari itu, tidak heran bila beberapa orang senang dengan adanya god mode Windows ini.

Selain itu, Anda bisa melakukan pengaturan tertentu tanpa perlu ribet melewati beragam folder dan tahapan yang bisa jadi mudah Anda lupakan. Hal tersebut bisa mungkin terjadi karena memang seluruh pengaturan Windows sudah ada pada fitur ini.

Sedangkan kekurangannya, adalah bahwa sistem operasi Windows bisa terganggu bahkan rusak bila Anda kurang paham namun secara nekat mengaktifkan god mode ini. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk mencari tahu apa itu God Mode Windows dan cara mengaktifkan serta menggunakannya.

Atau minimal, Anda perlu didampingi dengan orang yang sudah berpengalaman agar Anda tidak perlu kerepotan dalam memperbaiki sistem operasi yang rusak karena ketidaktahuan Anda.

Cara Mengaktifkan God Mode Windows


Nah, bila Anda sudah mengetahui apa itu God Mode Windows beserta kekurangan dan kelebihannya, Anda bisa mulai untuk mengaktifkannya. Berikut ini adalah tutorial cara mengaktifkan God Mode Windows secara benar dan aman.

  1. Pergi menuju desktop atau halaman depan komputer Anda. Lalu, klik kanan pada mouse Anda.
  2. Setelah itu akan muncul kotak berisi beragam menu, maka Anda perlu arahkan pada menu “new” dan pilih “folder”.
  3. Kemudian, folder baru yang masih kosong pun sudah ada pada desktop Anda. Maka Anda bisa beri namanya sebagai GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}. Bila sudah, langsung saja Anda tekan Enter.
  4. Folder yang diberi nama GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} akan secara otomatis berubah bentuk ikonnya menjadi seperti control panel.
  5. Bila benar folder tersebut sudah berubah bentuk ikonnya, maka Anda klik folder bernama God Mode tersebut. Setelah membukanya Anda akan melihat tampilan dalamnya. Terdapat banyak sekali menu dan pengaturan di dalamnya sehingga tidak heran diberi sebutan God Mode atau Mode Dewa.

Anda bisa bandingkan pengaturan dan penampilan Control Panel biasa dan God Mode. Sangat jelas sekali perbedaannya. Perbedaan yang sangat kentara adalah bentuk daftar menunya yang berbeda. Bila pada God Mode tampil seperti list dokumen, namun pada Control Panel biasa tampak logo dan menu yang berukuran lebih besar.

Setelah jadi, Anda bisa mengelompokkan beragam menu dan pengaturan tersebut agar mudah dalam menemukan pengaturan yang Anda maksud di kemudian hari.

Demikianlah artikel kami mengenai God Mode Windows. Nantikan artikel kami selanjutnya dan jangan lupa juga untuk mengunjungi otakuline.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.