Tips Merawat Ponsel Samsung Android Agar Tetap Lancar Dipakai

Baterai telepon saat ini jauh lebih maju dan memiliki kemampuan untuk memutuskan sambungan secara otomatis setelah terisi penuh.

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:13 WIB
0
29
Tips Merawat Ponsel Samsung Android Agar Tetap Lancar Dipakai
image - wahyuddiinrosi.com

Android adalah sistem operasi seluler paling populer saat ini. Namun, platform ini memiliki kekurangan yang akan memperlambat ponsel dalam jangka panjang. Terdapat beberapa tips cara sederhana untuk membuat ponsel anda lebih lancar dan membuat ponsel Anda berfungsi seperti saat anda pertama kali membelinya.

Catatan: Untuk setiap saluran telepon, akan ada metode yang berbeda, jadi artikel ini hanya untuk referensi dan anda dapat melakukannya di hp anda dengan langkah-langkah lain sesuai dengan saluran hp anda. Pada artikel di bawah ini, untuk ponsel Samsung

1. Bersihkan file sampah

Saat digunakan dalam waktu lama, smartphone Android akan muncul banyak sampah yang memperlambat perangkat Anda. Jadi tolong bersihkan. Anda dapat menggunakan fungsi pembersihan sampah yang tersedia di ponsel untuk membersihkan atau mengunduh perangkat lunak pihak ke-3, tetapi saya tidak menyarankan ini. Untuk setiap ponsel, akan ada pengumpulan sampah yang berbeda, saya akan mengambil ponsel Samsung saya sebagai contoh.

Buka Pengaturan > Perawatan Perangkat > Pulihkan Sekarang dan biarkan perangkat membersihkan dirinya sendiri, lakukan ini sesering mungkin 

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Pengguna biasa cenderung menginstal banyak aplikasi di perangkat mereka. Ini tidak hanya menghabiskan memori tetapi juga memperlambat perangkat Anda. Jadi, saring aplikasi yang tidak Anda gunakan dan hapus.

3. Matikan efek gerakan

Mematikan atau mengurangi efek gerakan akan membuat smartphone Anda merespon lebih cepat secara signifikan. Untuk melakukan ini, anda perlu mengaktifkan mode Opsi Pengembang dengan masuk ke Pengaturan > Info telepon > ketuk 7 kali pada nomor Build sehingga Anda dapat mengaktifkan Pengaturan Pengembang.

Setelah berhasil mengaktifkan Pengaturan Pengembang, buka dan di bagian Skala Animasi, matikan atau kurangi Skala Animasi.

4. Perbarui perangkat lunak secara teratur

Orang sering memiliki kebiasaan tidak memperbarui perangkat lunak karena takut mesin berat. Namun, ini sepenuhnya salah. Pembaruan akan memiliki manfaat tertentu dalam hal kinerja, keamanan, dll. Jadi pembaruan juga akan memungkinkan Anda mengalami fitur-fitur baru, dan pada saat yang sama berkontribusi untuk mengoptimalkan perangkat Anda agar perangkat Anda beroperasi lebih lancar.

Untuk dapat mengupdate software terbaru, masuk ke Settings > Software Update > Download and install untuk melihat apakah ada update baru, jika sudah, update sekarang juga.

5. Batasi penggunaan peluncur pihak ke-3

Sebagian besar peluncur pihak ke-3 sebagian besar cantik dan dapat disesuaikan, sehingga pengguna menyukainya. Namun, peluncur ini sering kali datang dengan aplikasi lain, berjalan di latar belakang, membuat perangkat Anda lebih lambat. Jadi pertimbangkan dan cari tahu apakah peluncur default Anda ringan dan stabil sehingga perangkat Anda dapat berjalan dengan lancar dan kemudian cari tahu peluncur lain untuk melihat apakah ada peluncur yang optimal sebelum menginstal dan menggunakannya

6. Isi daya baterai ponsel Anda dengan benar

Baterai telepon saat ini jauh lebih maju dan memiliki kemampuan untuk memutuskan sambungan secara otomatis setelah terisi penuh. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengisi daya selama 8 jam untuk pertama kali digunakan, bahkan ini menyebabkan pengisian dan pengosongan terus menerus seperti pengisian semalaman, yang membuat botol baterai lebih cepat.

Selain itu, Anda harus meninggalkan ponsel Anda pada 40 hingga 80% dan mengisi ulang. Karena bila ponsel terlalu terkuras baterai, semakin banyak zat bermuatan di dalam baterai menjadi semakin rusak.

7. Gunakan aksesoris berkualitas

Ponsel jatuh adalah sesuatu yang sulit dihindari selama penggunaan telepon. Jadi persiapkan diri Anda dengan casing berkualitas dan stiker yang kokoh untuk memastikan keamanan ponsel Anda saat digunakan.

Pada saat yang sama, kabel pengisi daya 'palsu' sering kali tidak diukur dan diuji secara menyeluruh, yang menyebabkan banyak kondisi tidak nyaman saat digunakan. Anda harus membatasi penggunaan dan membeli aksesori ini untuk melindungi ponsel Anda dengan lebih baik.

Demikianlah semoga bermanfaat...

Sumber Referensi ; Doran Gadget Distributor Garmin