Ketika Banyak Orang Bergantung pada Tuan Zuckerberg

Data Statista Research September 2021 menyebutkan, di Facebook ada 2,85 miliar pengguna aktif setiap bulan, di Whatsapp dua miliar, Instagram 1,38 miliar, Youtube 2,29 miliar, dan TikTok 732 juta.

Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:23 WIB
0
55
Ketika Banyak Orang Bergantung pada Tuan Zuckerberg
Media sosial (Foto: Facebook/Tomi Lebang)

Sepagi ini di Makassar dan di berbagai zona waktu di muka bumi, ratusan juta pengguna WhatsApp menatap telepon genggam mereka yang kosong melompong dari pesan-pesan terenkripsi. Grup-grup percakapan sepi.

Bukan WA saja. Media sosial paling populer, Facebook dan instagram juga senyap. Tak ada pembaruan status, jendela-jendela linimasa terbuka tanpa kabar baru yang melintas.

Dan Twitter pun berpesta trending topic: #WhatsappDown, #InstagramDown, #FacebookDown, #MarkZuckerberg. Berganti-ganti, salip menyalip.

Apa yang terjadi? Imperium besar dunia maya rupanya sedang bermasalah. Facebook, Instagram, dan Whatsapp adalah tiga jenis media sosial di bawah sang kaisar Mark Zuckerberg, anak muda California yang beristrikan perempuan Amerika keturunan Vietnam.
Saat ketiganya pulih nanti, dan saya menayangkan tulisan ini, saya bayangkan orang-orang menarik napas lega seolah keluar dari beban yang menghimpit.

Ya, beginilah dunia kini. Yang terlihat nyata dan kasat mata, seolah-olah hanyalah yang tersisa dari dunia maya. Saat WhatsApp, Facebook, dan Instagram mandek, putaran waktu pun seolah berhenti. Emotikon cinta, sedih, takjub, dan marah, tak lagi berseliweran. Senyap dan tiada kabar.

Tahun 2021 ini, data global menyebutkan, pengguna media sosial aktif di dunia sebanyak 4,48 miliar orang atau 57 persen dari seluruh manusia. Lebih dari separuh penduduk bumi. Mereka menghabiskan setidaknya dua jam setiap hari di belantara digital itu untuk bercakap, berkomentar, bertengkar, berkasih sayang, berdagang, berbohong, berdoa, dan seterusnya.

Data yang diterbitkan Statista Research bulan September 2021 menyebutkan, di Facebook ada 2,85 miliar pengguna aktif setiap bulan, di Whatsapp ada dua miliar, Instagram 1,38 miliar, Youtube 2,29 miliar, dan TikTok 732 juta.

Angka-angka ini jadi gambaran ketergantungan manusia pada media sosial. Saya bayangkan banyaknya makanan siap antar yang tak jadi terjual, janji-janji yang tak terlunaskan, rindu yang tak terlampiaskan hanya karena tumbangnya satu kekaisaran dunia maya hari ini.

***