Piala Dunia Qatar 2022 : Kapan Indonesia Bisa Menyusul Kesuksesan Arab Saudi

Kamis, 22 Desember 2022 | 08:49 WIB
0
78
Piala Dunia Qatar 2022 : Kapan Indonesia Bisa Menyusul Kesuksesan Arab Saudi
Timnas Indonesia bisa mengalahkan timnas Argentina di Piala Dunia 2030

Qatar – Hasil pertandingan kualifikasi group C yang mempertemukan timnas Arab Saudi berhadapan timnas Argentina membawa angin segar bagi negara benua Asia. Hal ini dikarenakan timnas Arab Saudi yang berhasil mempermalukan Timnas Argentina dengan skor 2 – 1 Meski sempat tertinggal terlebih dahulu tetapi pada akhirnya Timnas Arab Saudi berhasil comeback membalik skor.

            Kesuksesan ini berhasil memecahkan rekor Arab Saudi yang tak eprnah menang melawan negara besar Eropa dan Amerika. Sempat dihajar Jerman 8 – 0 tanpa balas pada Piala Dunia 2002 dan dihajar Rusia pada 5 – 0 pada Piala Dunia 2018 tak membuat Arab Saudi patah semangat. Semangat pantang menyerah yang ditunjukkan oleh Timnas Arab Saudi berhasil menunjukkan kepada negara – negara besar bahwa timnas benua Asia tidak dapat dipandang sebelah mata.

            Hal ini juga membawa angin segar buat timnas Indonesia, dikarenakan pelatih Timnas Indonesia saat ini Shin tae Yong pernah mempunyai rekor mengalahkan Raksasa Benua Eropa Germany dengan skor 2 - 0. Hal ini bisa menjadi pelecut Timnas Indonesia apalagi grafik permainan timnas Indonesia dari segala kelompok umur yang dibawah asuhan Shin tae yong semakin hari semakin menunjukkan grafik yang terus meningkat. Dari lolos Piala Asia tahun 2023 hingga berhasil mengalahkan negara Eropa dalam laga persahabatan.

            Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia apabila PSSI dan pemerintah Indonesia bersama – sama kompak untuk membangun infrastruktur, Liga dan pembinaan kelompok umur secara bersama – sama. Selain itu proyek jangka pendek adalah segera melakukan perpanjangan kontrak jangka panjang kepada Pelatin Indonesia saat ini Shin tae Yong. Dikarenakan pada akhir tahun 2023 kontrak Pelatih asal korea selatan tersebut akan habis.

            Semua publik optimis apabila semua elemen bersama – sama membangun sepak bola maka tidak mungkin bahwa pada tahun 2030 giliran timnas Indonesia yang akan mengalahkan Timnas Argentina pada gelaran Piala Dunia.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Timnas Indonesia memiliki segalanya dalam Sepak bola. Dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 270 juta dan klub yang terus berjalan dari liga 1 hingga liga 3. Tentunya prestasi tidak bisa didapatkan secara instan, harus ada proyek jangka panjang dan kesabaran. Seperti pembenahan infrastruktur, Liga dan pembinaan pemain muda. Yang paling urgent adalah memperpanjang kontrak Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. Selain itu mensukseskan laga akbar Piala Dunia U-20 di Indonesia adalah ajang jangka pendek yang harus diselesaikan juga. *Red