Pernahkah Anda Makan Pisang Ampyang?

Pisang Ampyang juga termasuk tahan dari busuk atau tidak mudah busuk, sekalipun warna kulitnya sudah berubah kuning tua.

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:48 WIB
0
1598
Pernahkah Anda Makan Pisang Ampyang?
Pisang Ampyang (Foto: Tokopedia)

Di Indonesia ada beberapa jenis pisang seperti pisang ambon, raja, uli, kepok dll. Dan yang paling banyak jenis pisang ambon.

Masyarakat Indonesia termasuk penyuka makan pisang.

Tapi pernahkah Anda makan pisang rasanya krenyes-krenyes, tidak seperti umumnya rasa buah pisang?

Namanya pisang Ampyang. Saya pertama kali makan atau membeli pisang Ampyang di Pasar Suci Bandung dekat Pusdai.

Pisang Ampyang termasuk pisang yang langka yang tidak setiap hari atau setiap pasar ada. Bahkan pesan pun pedagang tidak bisa memberikan jaminan.

Saya tidak tahu persis dari mana pisang Ampyang ini. Tapi dari pedagang bilang dari Purbalingga.

Rasanya sangat manis untuk jenis rasa buah pisang. Dan ada rasa krenyes-krenyes atau sedikit keras dibanding pisang jenis lainnya.

Hanya, harus dipastikan benar-benar mateng. Tanda mateng bukan sekedar dari warna kulit yang menguning tapi lebih dari itu yaitu warnanya kuning tua. Karena terkadang ada rasa sepet kalau belum benar-benar mateng.

Pisang Ampyang juga termasuk tahan dari busuk atau  tidak mudah busuk, sekalipun warna kulitnya sudah berubah kuning tua. Tapi dalamnya masih bagus dan tidak benyek.

Yang pengalaman cukup mudah membedakan pisang Ampyang dengan pisang jenis ambon yang warnanya kuning. Karena ada kemiripan juga.

Dan pisang Ampyang susah untuk dicari. Hanya untung-untungan kalau pas kebetulan ada.

Dan makan pisang bagus untuk kesehatan.

***