Selamat Jalan, Lance Castles...

Castles banyak menghabiskan waktunya di Indonesia. Dia pernah mengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Senin, 7 September 2020 | 22:34 WIB
0
12
Selamat Jalan, Lance Castles...
Lance Castles (Foto: tempo.co)

Salah satu perintis studi politik Indonesia di Australia, Lance Castles (83 tahun), meninggal dunia hari ini. Memang mungkin nama Castles tidak sepopuler koleganya para Indonesianist dari Australia, misalnya Herbert Feith, Richard Robison, dan lainnya.

Nama Castles memang lebih dikenal bersama Herb Feith lewat buku suntingan mereka berdua yang sangat dikenal di sini, INDONESIAN POLITICAL THINKING 1945-1966 (Cornell University, 1970).

Buku klasik itu sudah diterjemahkan, PEMIKIRAN POLITIK INDONESIA 1945-1966 (LP3ES, 1988).
Melalui buku ini, terutama Kata Pengantar (Introduction) yang ditulis Herbet Feith, kita lebih memahami peta ideologi atau aliran-aliran politik utama di Indonesia periode 1945-1966.

Dengan mengembangkan konsep awal 'politik aliran' dari Clifford Geertz, Feith dan Castles kemudian mengidentifikasikan lima aliran politik utama masa itu. Kelimanya adalah Nasionalisme Radikal, Tradisionalisme Jawa, Islam, Sosialisme-Demokratik, dan Komunisme.

Memang sudah banyak kritik diberikan kepada pemetaan lima aliran politik ini. Feith sendiri pada edisi baru buku itu (1988) mengakui bahwa perubahan politik pasca Orde Baru telah ikut mengubah pemetaan di atas.

Terlepas dari itu, harus diakui sebagian pemetaan aliran politik itu masih tetap relevan. Beberapa aliran itu memang ada yang sudah 'mati', ada yang tetap hidup tapi dalam posisi marjinal, atau bermodifikasi.

Castles sendiri, setelah menyelesaikan Ph. D. di Yale University, sudah melakukan banyak riset dan mempublikasikan hasil risetnya dalam bentuk buku ataupun tulisan di berbagai jurnal ilmiah.

Salah satu karyanya adalah 'RELIGION, POLITICS, and ECONOMIC BEHAVIOUR in JAVA: THE KUDUS CIGARETTE INDUSTRY'. Juga karyanya yang sudah diterjemahkan, 'KEHIDUPAN POLITIK suatu KERESIDENAN di SUMATRA: TAPANULI, 1915-1940'. Castles juga menerbitkan buku 'PROFIL ETNIK JAKARTA'.

Castles banyak menghabiskan waktunya di Indonesia. Dia pernah mengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Selamat jalan pak Lance Castles, RIP.

***