George Bush Senior Telah Berpulang

Senin, 3 Desember 2018 | 09:26 WIB
0
540
George Bush Senior Telah Berpulang
George W Bush (Foto: Whio.com)

"George HW Bush adalah seorang pria dengan karakter tertinggi dan ayah terbaik yang dapat diminta oleh seorang putra atau putri. Seluruh keluarga Bush sangat bersyukur atas kehidupan dan cintanya, atas belas kasih mereka yang telah peduli dan berdoa untuk Ayah, dan atas ucapan belasungkawa dari teman-teman dan sesama warga." (George Walker Bush "43")

George Herbert Walker Bush Meninggal Dalam Tahun yang Sama dengan Istrinya, Barbara Bush

George Herbert Walker Bush atau biasa dikenal dengan George HW Bush atau George Bush (senior), Presiden ke-41 Amerika Serikat, telah meninggal pada usia 94 tahun.

Beliaulah yang mengatur akhir Perang Dingin dan membentuk koalisi global "pasukan multi nasional" untuk mengusir pasukan Irak dari Kuwait.

George HW Bush meninggal pada 1 Desember 2018 karena penyakit TBC dan juga mengidap gejala Parkinson. Bush meninggal hanya beberapa bulan setelah kematian istrinya, Barbara Bush, yang meninggal bulan April lalu dalam usia 73 tahun.

Siapakah George Herbert Walker Bush?

George Herbert HW dilahirkan di Milton, Massachusetts, Amerika Serikat, 12 Juni 1924, adalah anak dari seorang senator Prescott Sheldon Bush dan ibunya bernama Dorothy Walker Bush.

Sebelum menjabat sebagai presiden ke-41 Amerika Serikat, Bush pernah menjabat sebagai:

Wakil Presiden ke-43 Amerika Serikat mendampingi Presiden Ronald Reagan. 

Anggota Kongres dari Texas (1967-1971), 

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB (1971-1973), 

Ketua Pimpinan Nasional Partai Republik (1973-1974), 

Kepala Kantor Penghubung Amerika Serikat untuk Republik Rakyat Tiongkok (1974-1976),

Direktur CIA (1976-1977).

Keberhasilan George Herbert Walker Bush dalam Mendidik Anak-anaknya

Ketika mengumumkan kematian George HW Bush, dalam pernyataan  yang dikeluarkan oleh juru bicara keluarga, Jim McGrath, menyampaikan ungkapan perasaan yang sangat mendalam dari putra pertama Bush, George Walker Bush (junior):

"Jeb, Neil, Marvin, Doro, dan saya sedih untuk mengumumkan bahwa setelah 94 tahun yang luar biasa, Ayah kami tercinta telah meninggal,"

"George HW Bush adalah seorang pria dengan karakter tertinggi dan ayah terbaik yang dapat diminta oleh seorang putra atau putri. Seluruh keluarga Bush sangat bersyukur atas kehidupan dan cintanya, atas belas kasih mereka yang telah peduli dan berdoa untuk Ayah, dan atas ucapan belasungkawa dari teman-teman dan sesama warga." ungkap George Walker Bush.

Bukan tanpa alasan putra pertamanya, George Walker Bush (junior) mengatakan George HW Bush (senior) sebagai ayah terbaik bagi putra dan putrinya. Terbukti dengan didikannya, anak-anak George HW Bush berhasil menjadi orang-orang berpengaruh bahkan menjadi orang nomor 1 di Amerika Serikat mengikuti jejak ayahnya.

Putra pertamanya, Geoege Walker Bush, kemudian menjadi presiden ke-43 Amerika Serikat selama dua periode (20 Januari 2001-20 Januari 2009). Dan untuk membedakan mereka, maka digunakan kode George Bush 41 untuk sang ayah, yang artinya presiden ke-41 dan George Bush 43 untuk anak, sebagai presiden ke-43.

Sebelumnya George Bush 43 juga pernah menjabat sebagai Gubernur ke-46 Negara Bagian Texas untuk 2 periode (17 Januari 1995-21 Desember 2000), tetapi periode kedua tidak dilanjutkan karena George Bush 43 mencalonkan diri sebagai presiden.

Sementara anak ketiga George Bush 41, Jeb Bush adalah mantan Gubernur Florida selama 2 periode yang memerintah dari Januari 1999-2 Januari 2007.

Terlepas dari semua kontroversi yang ada selama hidupnya dan selama menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, George HW Bush adalah seorang politisi, presiden sekaligus seorang ayah yang luar biasa bagi anak-anaknya.

Selamat jalan Bush 41, beristirahatlah dengan tenang, Rest in Peace!

(RS)

***