Presiden Jokowi Dukung Ganjar dalam Pilpres Demi Lanjutkan Kepemimpinan

Sabtu, 10 Juni 2023 | 18:56 WIB
0
28
Presiden Jokowi Dukung Ganjar dalam Pilpres Demi Lanjutkan Kepemimpinan
Ganjar pranowo capres pdip

Oleh : Akhilendra Fahin Garvi 

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh calon presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang belakangan juga didukung oleh Partai Perindo, Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan beliau sangat meyakini bahwa sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu mampu untuk terus membawa Indonesia menjadi negara yang maju dan juga demi melanjutkan kepemimpinannya untuk meneruskan banyaknya program pembangunan dan program unggulan demi bangsa ini.
Diketahui bahwa secara langsung, Kepala Negara menyampaikan dukungannya kepada pria yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut di hadapan para peserta yang menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ketiga dari PDI Perjuangan yang digelar secara tertutup pada hari Selasa, tanggal 6 Juni 2023 lalu.
Kemudian, mengenai adanya dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo kepada sosok Ganjar Pranowo itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto juga telah mengonfirmasi bahwa memang pernyataan itu adalah benar adanya.
Dalam sebuah video yang kemudian juga telah tersebar secara luas di media sosial, Kepala Negara pada awalnya mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, 2029 dan juga 2034 mendatang memang akan menjadi sebuah batu loncatan yang sangat penting bagi Indonesia, utamanya untuk bisa melangkah menjadi sebuah negara maju.
Tentunya, dengan momentum tersebut, maka menjadi penting pula bagi Tanah Air untuk bisa memiliki para pemimpin yang baik, yang mana pemimpin tersebut benar-benar bisa terus mengawal dan membawa bangsa ini untuk menjadi negara maju. Sehingga, Mantan Wali Kota Solo itu juga mengingatkan bahwa sangat penting untuk memilih sosok pemimpin yang mampu menunjukkan kualitas dan kemampuannya.
Setelah mengemukakan hal demikian, kemudian Presiden Jokowi menegaskan bahwa sosok yang sangat mampu untuk terus membawa Indonesia agar menjadi negara maju adalah ada pada diri Capres yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih, yakni Ganjar Pranowo.
Mengenai adanya dukungan dari Presiden Indonesia ketujuh tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bidang politik, Puan Maharani kemudian menambahkan bahwa dirinya menangkap sebuah pesan yang jelas dari Kepala Negara yang memberikan dukungannya secara penuh kepada Gubernur Jawa Tengah itu.
Bukan hanya sekedar mendukung penuh, namun banyak harapan besar ditujukan kepada Ganjar Pranowo agar dirinya benar-benar bisa terus melaksanakan dan melanjutkan seluruh program kerja dan program pembangunan dari Presiden Jokowi untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.
Sementara itu, Sekjen PDI Pejuangan, Hasto Kristiyanto memastikan bahwa memang Kepala Negara secara 100% (persen) mendukung penuh Capres Ganjar Pranowo untuk terus melaju dan bertarung dalam Pilpres 2024. Hal tersebut dikarenakan memang arah dukungan yang diberikan oleh Presiden Jokowi sebenarnya juga sudah sangat jelas karena kepemimpinan yang beliau lakukan selama ini sudah satu tarikan nafas dengan bagaimana kepemimpinan dari Presiden Soekarno, Presiden Megawati Soekarnoputri sebelumnya, yang mana kemudian nantinya akan diteruskan oleh sosok kader PDIP itu.
Sudah sangat jelas bahwa sama sekali tidak ada preferensi lain dari dukungan yang diberikan oleh Kepala Negara. Terlebih, sudah banyak pernyataan pula yang sebelumnya telah diutarakan oleh beliau, yang mana mengungkapkan bahwa sosok pria berusia 54 tahun itu merupakan tokoh bangsa yang sangat layak menjadi penerusnya karena dianggap sebagai pemimpin yang memiliki keberanian dan juga nyali yang kuat.
Memang menjadi salah satu kualifikasi yang patut diperhatikan dan diperhitungkan apabila sosok pemimpin Indonesia di masa mendatang adalah tokoh yang memiliki keberanian dan juga nyali yang tangguh. Karena terbukti bahwa dengan bagaimana era kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini saja, yang sudah dikenal berani untuk mampu membuat banyak gebrakan dan melakukan reformasi struktural biroksasi di beberapa kesempatan, mampu semakin memajukan bangsa. Hal itu juga tercermin dari sosok Ganjar Pranowo yang akan mampu untuk memimpin dan memiliki arah masa depan bangsa dengan terus memastikan adanya kesinambungan dan juga perpaduan demi percepatan kemajuan Tanah Air.
Tantangan yang dimiliki oleh bangsa ini ke depannya memang akan menjadi sangat kompleks, terlebih pada tahun 2024 nanti, Indonesia diprediksi akan mengalami lonjakan bonus demografi yang cukup tinggi sehingga memang sangat membutuhkan sosok pemimpin yang mampu memanfaatkan bonus demografi itu ke arah yang lebih baik untuk kemajuan bangsa.
Apabila diibaratkan menjadi sebuah produk, sebenarnya sosok Gubernur Jawa Tengah itu merupakan sebuah produk dengan paket komplit yang sangat lengkap dengan banyak kelebihan yang dia miliki. Mulai dari bagaimana gaya komunikasi yang dimilikinya memang terkenal sangat luwes, kemudian komunikasi yang dilakukan olehnya dengan para rakyat juga bisa dikatakan renyah. Adanya gaya komunikasi yang baik tersebut, khususnya ketika berhadapan dengan rakyat, tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi sosoknya.
Demi untuk bisa terus melanjutkan kepemimpinan bagi Indonesia dan mengawal bangsa ini agar mempersiapkannya menjadi sebuah negara maju, Presiden Jokowi dengan sangat mantap dan penuh keyakinan mendukung secara sepenuhnya sosok Capres Ganjar Pranowo dalam pertarungan politik, Pemilihan Presiden pada tahun 2024 mendatang.


)* Penulis adalah kontributor Jendela Khatulistiwa Institute