Pemimpin Itu Apa?

Agus Salim mengatakan pemimpin itu siap menderita. Bersikap mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi.

Kamis, 3 Oktober 2019 | 21:12 WIB
0
210
Pemimpin Itu Apa?
Ilustrasi pemimpin (Foto: Kompas.com)

Konstilasi politik negeri ini sudah bergulir. Hasil pileg dan pilpres sudah ada pemenang nya. Dari daerah sampai pusat sudah ada pelantikan. Terutama anggota legislatifnya.

Pelantikan presiden jadwalnya 20 Oktober 2019, masa penantian ini mungkin akan dimanfaatkan dengan baik. Realita sekarang banyak demo yang menuntut tentang bebarapa RUU. Mahasiswa dan pelajar turun ke jalan. Ada beberapa insiden yang memakan beberapa korban.

Media sosial mulai berisik dengan keadaan ini. Ada yang mulai mengkritik kemana pemimpin negeri ini. Ada yang pro kepada sikap presiden ada yang kontra. Memang tidak nyaman keadaan ini, Indonesia butuh pemimpin yang bersikap khusnul hotimah. Itu nasehat Cak Nun, bahwa Indonesia memerlukan pemimpin yang terbaik.

Agus Salim mengatakan pemimpin itu siap menderita. Bersikap mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Setiap amanah akan dimintai pertanggungjawaban. Jangan banyak minta fasilitas berlebihan cukup yang dibutuhkan saja.

Soekarno pernah ditanya oleh mahasiswa pemimpin itu apa. Beliau menjawab dengan lagu. Mungkin kalau generasi tahun 60an pasti hafal lagu itu. Lagu tentang padi, filosofi hidupnya menjadi inspirasi memimpin negeri ini. Padi memberi manfaat tetapi dia harus siap di tempat yang becak. Siap diganggu hama dan burung, siap dipanen  dan dijemur pasca panen.

Semoga presiden negeri ini bisa memberi yang terbaik untuk negeri ini. Rakyat harus kembali damai.

***