Berbeda Keyakinan dengan Ibu, Dua Kakak, dan Adiknya

Minggu, 10 Maret 2019 | 08:35 WIB
0
3437
Berbeda Keyakinan dengan Ibu, Dua Kakak, dan Adiknya
Prabowo Subianto/sumber:Instagram.com/Prabowo

Persoalan agama atau keyakinan seseorang merupakan hal yang paling pribadi, yang hanya dirinya dan Tuhan saja yang paling mengetahui. Namun, bukan berarti segalanya tertutup untuk diketahui, apalagi jika itu menyangkut sosok seseorang yang mengikuti kontestasi Pilpres di negeri ini. Tak ada lagi yang harus ditutup-tutupi, itulah konsekuensi jika ingin menjadi pejabat publik.

Hingga saat ini, penulis juga mengakui belum menemukan informasi yang menyatakan bahwa calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto benar-benar sudah beragama Islam sebelum dirinya menikahi putri Presiden kedua RI Soeharto, yakni Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto.

Hal ini juga menjadi pemahaman banyak orang, sehingga penulis pun menganggap sejak kecil Prabowo Subianto, mengikuti agama dan keyakinan yang dianut ibunya Dora Marie Sigar dan keluarga besarnya di Manado, yang mayoritas Kristen.

Penulis meyakini hal tersebut, lantaran dua kakak Prabowo, yakni Biantiningsih Miderawati Djiwandono (istri Soedradjad Djiwandono) dan Marjani Ekowati le Maistre, serta adiknya Hashim Djojohadikusumo sejak anak-anak hingga saat ini bukanlah penganut Islam.

Oleh karena itu, Penulis menyangsikan jika Prabowo sudah menjadi muslim sejak kecil, karena sang ayah pun sepertinya lebih banyak disibukan dengan aktivitas politiknya,yang memungkinkan segala urusan anak-anaknya diserahkan sepenuhnya kepada sang istri, ibu dari Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Terlebih lagi, sejak tahun 1957, adanya konflik politik antara Sumitro Djojohadikusumo dengan Pemerintahan Presiden Sukarno, dimana saat itu usia Prabowo sekitar 6 tahunan. Konflik ini membuat  Sumitro, istri dan keempat anaknya menghindari pengejaran  pihak Pemerintahan Sukarno. Itulah salah satu alasan yang membuat Prabowo bersama saudara-saudaranya banyak menghabiskan masa kecilnya di luar negeri. 

 Siapakah Dora Marie Sigar?  Dialah ibunda Prabowo Subianto. Wanita penganut Kristen, berdarah Manado-Jerman ini berasal dari Manado. Ayah Dora bernama Philip FL Sigar, dan ibunya bernama N. Maengkom. Ayah Dora diketahui merupakan seorang anggota Gementeraad Manado (1920-1922) dan pejabat Sekretaris Residen (Gewestelijk Secretaris) Manado (1922-1924), yang juga putra dari Laurents A Sigar dan E. Aling. Kakek Dora ini merupakan Majoor/Hukum Besar (1870-1884) di Manado.

Salah satu nenek moyang Dora Sigar adalah Benyamin Thomas Sigar (Tawaijln Sigar), yang dikenal juga dengan kapitein atau pemimpin pasukan Tulungan atau Hulptroepen (pasukan bantuan) yang dikontrak pemerintah Hindia Belanda untuk membantu dalam Perang Jawa (1825-1830), termasuk sosok yang diduga menangkap Pangeran Diponegoro.

Dora menempuh pendidikannya hingga ke negeri Belanda. Di negeri kincir angin itu pula Dora menemukan jodohnya, Soemitro Djojohadikusumo yang telah lulus sebagai doktor ilmu ekonomi dari Sekolah Tinggi Ekonomi Rotterdam. Keduanya menikah tepat tanggal 7 Januari 1946.

Dari hasil pernikahannya, lahirlah empat orang anak, yaitu Biantiningsih Miderawati Djiwandono, Marjani Ekowati le Maistre, Prabowo Subianto Djojohadikusumo, dan Hashim Sujono Djojohadikusumo. Soemitro dan Dora memang berasal dari latar budaya dan keyakinan berbeda

 

Lantas bagaimana dengan Prabowo Subianto?

Bagi Prabowo, ibunya Dora Sigar merupakan wanita yang paling dikaguminya. Bahkan, demi mengenang kasih sayang dan juga segala jasa sang ibunda, Prabowo merencanakan membangun akademi keperawatan dengan nama Dora Marie Sigar, jika dirinya tak lagi berpolitik.

Dengan didikan dan asuhan seorang ibu yang begitu taat dengan agamanya, Prabowo sepertinya juga dididik agama seperti halnya dua kakak dan adiknya. 

Dengan demikian, jika hari ini kita mengetahui bahwa ternyata Prabowo memiliki keyakinan yang berbeda dengan ibu dan saudara-saudaranya, bukan berarti Prabowo mengikuti keyakinan ayahnya yang muslim.

 

Catatan lain  menggambarkan bahwa Prabowo baru menjadi seorang muslim sebelum menikahi Titiek Soeharto. Prabowo dan Titiek Soeharto menikah di bulan Mei 1983. Diketahui pula bahwa Prabowo Subianto ternyata baru belajar membaca Al-Quran sejak 1998 saat dirinya berada Yordania, pasca lengsernya Soeharto. Saat itu usianya sekitar 47 tahunan (Prabowo lahir 17 Oktober 1951). 

Ketika itu yang menjadi guru mengaji Prabowo adalah Ustad Sambo. Ustad Sambo pun bercerita bagaimana proses belajar Al-Quran Prabowo dengan dirinya.

"Waktu itu belajar baca Iqro walaupun belum sampai Al-Quran, tapi sudah bisa kalimat sambung. Belajar mengajinya sekitar 8 bulanan, kira-kira sampai 20 kali pertemuan dan itu intens," jelas Sambo.

Itulah sedikit gambaran mengenai keislaman calon presiden nomor urut 02 ini, yang memang tak begitu banyak diketahui masyarakat, karena yang bersangkutan pun tidak pernah menceritakan segalanya di depan publik. 

Hanya sekali-kali, Prabowo menyatakan bahwa dirinya tak pantas menjadi imam sholat, atau ketika publik mengetahui bahwa mantan Danjen Kopassus ini salah dalam mengambil air wudhu. Atau bahkan, mengenai ketidaksiapannya mengikuti uji membaca Al-Quran yang dilontarkan Ikatan Dai Aceh.

Salam dan terima kasih!

***

sumber:

  1. TribunNews.com (08/08/2018): "Mengenal Sosok Dora Sigar Ibu Kandung Prabowo, Wanita Cantik Asal Manado yang Dikenal Setia"
  2. Tempo.co (29/10/2003) : "In Memoriam Sumitro Djojohadikusumo"
  3. Tirto.id (30/05/2018): "Jatuh Bangun Dinasti Djojohadikusumo dalam Politik Indonesia"

sebelumnya dimuat di Kompasiana.com