Pemilu Damai Bisa Kita Ciptakan

Selasa, 26 Februari 2019 | 21:58 WIB
0
373
Pemilu Damai Bisa Kita Ciptakan
Pemilu damai dapat tercipta

Deklarasi Penulis untuk Pemilu Damai

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa
Kami Penulis Indonesia Berjanji;
Menulis dengan hati nurani
Menulis dengan jiwa yang sehat
Melawan intoleransi, radikalisme dan terorisme
Melawan segala bentuk penyebaran hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian

Kami Penulis Indonesia Berjanji;
Mengedepankan rasa aman dan nyaman melalui pilihan kata, fakta dan data

Kami penulis Indonesia Berjanji;
Mendorong terciptanya pemilu damai
Menegakkan yang benar
Membela yang tak bersalah
Dengan sepenuh jiwa raga

Tetap NKRI
Pemilu 2019 Damai, Damai, Damai!

Jakarta, 17 Februari 2019

Itulah untaian kata yang kami ucapkan bersama-sama pada Deklarasi Penulis untuk Pemilu Damai di Santika Hotel Premier, Jakarta pada 17 Februari lalu.

Acara Deklarasi yang digagas oleh Kang Pepih Nugraha yang juga sebagai founder PepNews.com ini dihadiri tidak hanya oleh penulis yang berdomisili di Jakarta, tapi juga dari kota-kota lain seperti Madiun dan Sukabumi.

Sebanyak 30 penulis berkumpul, bersatu menyatukan tekad bahwa kami sebagai penulis dapat membantu terciptanya Pemilu damai. Dengan apa? Tentu saja dengan tulisan yang kami buat, tulisan yang kami untai bukan tulisan hoax tapi berupa fakta.

Kami bertekad penulis itu harus bisa memberikan informasi positif pada masyarakat. Informasi yang berimbang, tidak mencerca, tidak memaki karena kami anti hoax, intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Sebagai penulis, tulisan kami menjadi senjata yang tidak hanya bisa memberikan manfaat tapi juga bisa menjadi senjata yang menusuk diri sendiri. Oleh sebab itu kami menulis berdasarkan fakta.

Seperti tagline PepNews "Write It Right" maka menulislah dengan benar, sesuai fakta yang ada. Walaupun begitu menulis juga merupakan salah satu hak warga negara yang dilindungi oleh UndangUndang. Sudah bukan jamannya lagi menulis sebagai bagian dari mengungkapkan pendapat menjadi sesuatu yang ditakuti.

Apalagi dalam masa menjelang pemilu nanti dimana begitu banyak berita yang memprovokasi yang harus kita telusuri lagi kebenarannya. Pemilu masih akan berlangsung kurang dari dua bulan kedepan. Tapi atmosfer di masyarakat mulai terlihat memanas.

Akankah pemilu kita dapat berlangsung damai?Banyak yang mempertanyakan. Kalau boleh saya jawab, saya optimis pemilu 17 April 2019 ini akan berlangsung damai. Optimis bahwa negara kita akan menuju perubahan dan pembangunan yang membawa pada kemajuan.

Bila bukan kita yang optimis, siapa lagi? Jangan jadikan berita-berita hoax diluaran menggoyahkan keyakinan kita bahwa negara kita negara demokrasi, negara yang cinta damai yang tidak mau dipecah belah.

Salam Damai, Damai, Damai

 

***