Anggota DPR Biasa Garang, Komisi III DPR Layu Hadapi Mahfud MD

Biasanya anggota komisi III DPR sangat garang kalau rapat dengan mitra, tetapi mendadak layu saat menghadapi Mahfud MD, bahkan terkesan dikuliahi.

Kamis, 25 Agustus 2022 | 07:53 WIB
0
338
Anggota DPR Biasa Garang, Komisi III DPR Layu Hadapi Mahfud MD
Mahfud MD (Foto: merdeka.com)

Rapat kerja anggota komisi DPR dengan mitra seperti menteri, pimpinan BUMN atau pimpinan lembaga pemerintah seringkali diwarnai pengusiran oleh pimpinan sidang.

Sudah berapa kali ada menteri atau pimpinan BUMN diusir dari ruang rapat oleh pimpinan sidang, hanya kadang masalah sepele atau yang tidak subtansial. Kadang hanya merasa kurang dihormati, pimpinan sidang bisa mengusir mitra DPR itu.

Pertanyaan-pertanyaan anggota DPR terkadang tendensius dan seperti orang marah-marah. Bahkan bebas mau ngomong atau ngatain apa saja.

Rapat Dengar Pendapat dengan anggota DPR seperti seorang mahasiswa menghadapi sidang skripsi atau uji tesis di hadapan dosen penguji. Harus siap mental dengan berbagai berondongan pertanyaan.

Namun, dalam Rapat Dengar Pendapat antara komisi III DPR dengan Kompolnas, Komnas HAM dan Menko Polhukam, Komisi III DPR mendapat lawan yang mumpuni.

Mahfud MD sebagai Menko Polhukam dan Ketua Kompolnas mendapat bombardir pertanyaan dari anggota DPR komisi III.

Seperti anggota DPR Desmond Mahesa yang begitu tajam bertanya kepada Mahfud MD terkait keberadaan Kompolnas yang dipertanyakan dalam kasus Sambo.

Desmond mempertanyakan, apakah keberadaan Kompolnas bermanfaat atau tidak. Bahkan, Desmon akan mengambil kesimpulan, manakala tidak bermanfaat akan dibubarkan.

Menanggapi pendapat Desmond,-Mahfud MD mempersilahkan DPR kalau akan membubarkan Kompolnas, karena dulu yang membuat juga DPR.

Mahfud MD sebagai pakar hukum tatanegara tentu tidak terlalu sulit melayani anggota DPR komisi III yang menyudutkan dengan pertanyaan-pertanyaan tajam. Ia cukup tangkas menjawab semua pertanyaan anggota DPR.

Sepertinya anggota komisi III DPR  dikuliahi oleh Mahfud MD.

Kegarangan anggota DPR komisi III DPR dalam rapat dengar pendapat tidak nampak ketika menghadapi Mahfud MD.

Padahal biasanya, anggota komisi III DPR sangat garang kalau rapat dengan mitra.

***