STIH Biak Melanjutkan Penguatan Kelembagaan Melalui Kerjasama Internasional

Menjadi sebuah kewajiban untuk membawa STIH Biak menjadi perguruan tinggi dengan daya sanding global.

Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:43 WIB
0
199
STIH Biak Melanjutkan Penguatan Kelembagaan Melalui Kerjasama Internasional
Panorama Kampus dari Beranda Kantor Pimpinan (Koleksi Humas STIH Biak)

Berdiri sejak 8 April 2004 dengan SK Mentri Pendidikan Nasional yang diterima 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Biak telah mengelola program studi sarjana dan magister. Sejak 2020, izin operasional untuk program magister STIH Biak telah diterima.

Sekarang ini, sementara dalam proses persiapan untuk proposal tesis bagi mahasiswa magister. Sekaligus direncanakan adanya kolokium internasional dengan pelaksanaan di Leiden, Utrech, dan Groningen, Belanda.

Dalam kesempatan mengimplementasikan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka, STIH Biak merancang program kemitraan. Diantaranya dengan perguruan tinggi di Eropa.

Untuk langkah awal, akan dilaksanakan kolaborasi internasional terkait dengan penelitian dan publikasi ilmiah bersama dengan perguruan tinggi di Eropa yaitu dengan sasaran enam perguruan tinggi Turki.

Di samping penyiapan program untuk kolokium di Belanda tadi, Ketua STIH dan dosen pimpinan Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, akan melaksanakan kuliah tamu berkala dan juga menyelenggarakan konferensi yaitu International Conference on Law, Environment, and Local Wisdom (ICLAW).

Adapun mengawali tahun 2022, dengan dua program di awal yaitu diskusi pelaksanaan kampus merdeka dengan Universitas Muslim Indonesia, dan juga Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia.

Kesemuanya ini sebagai bagian dalam rangka penguatan kelembagaan. Tidak saja dalam kaitan dengan reakreditasi program studi magister ilmu hukum, tetapi juga terkait dengan penyiapan ekosistem kelembagaan menuju kepada transformasi institusi ke universitas.

Dengan hadirnya magister ilmu hukum yang ada, justru menjadi sebuah kesempatan bagi warga di Biak Numfor, dan juga Supiori, Serui, Waropen, Yapen Waropen yang kesemuanya berada di Teluk Cendrawasih menjadi langkah dalam pengembangan sumber daya manusia.

Apa yang dilaksanakan ini, sejatinya dalam kaitan dengan amanat dan cita-cita berbangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehnya, menjadi sebuah kewajiban untuk membawa STIH Biak menjadi perguruan tinggi dengan daya sanding global.

***