Raffi Ahmad dan Duta-duta Konyol

Carilah duta-duta yang cerdas dan berahlak. Bukan sekadar dahsyat model Raffi, tapi dahsyat pula kelakuan miringnya. Seolah negeri ini tidak punya anutan lagi dengan menjadikan artis sebagai duta.

Selasa, 19 Januari 2021 | 06:42 WIB
0
351
Raffi Ahmad dan Duta-duta Konyol
Raffi Ahmad (Foto: CNN Indonesia)

Raffi Ahmad menjadi wakil artis dari kalangan milenial sebagai penerima perdana vaksin Covid-19. Vaksinasi bukan sekadar program nasional, melainkan program internasional (dunia).

Dengan menjadi wakil pesohor, dia diharapkan jadi duta bagi kalangan generasi milenial untuk menyukseskan program melawan pandemi covid-19.

Namun, usai divaksin, pesohor itu berulah. Tak menggunakan masker dan berpesta ria, abaikan protokol kesehatan, malam harinya. Apakah bakal dihukum? Kemungkinan tidak.

Mungkin ada yang masih ingat kasus pedangdut Zaskia Gotik. Ia dijadikan duta Pancasila oleh PKB, justru setelah melecehkan lambang negara, Pancasila. Sila kelima Pancasila, katanya, bergambar bebek nungging. Lelucon yang sangat tidak lucu! Tapi dia bebas dari hukuman.

Artis kawakan Roy Martin usai ditahan karena kasus narkoba justru dijadikan duta anti narkoba. Eh, kembali ditangkap lagi dengan perilaku yang sama. Ada pula Dewi Persik yang menerobos jalur busway. Ia kemudin dijadikan duta tertib lalu lintas oleh Polda Metro Jaya.

Entah bagaimana lembaga-lembaga terhormat di negeri ini, memilih para public figure, perilaku selebritas menjadi duta. Justru ketika mereka berpotensi atau bahkan sudah melakukan pelanggaran yang memalukan. Mereka seperti kebal hukum, malah mendapatkan penghargaan sebagai duta.

Padahal duta adalah wakil yang patut dicontoh. Mewakili negara, lembaga negara, dan masyarakat. Implikasi sebagai duta, mereka memiliki konsekuensi harus selalu menunjukkan sikap yang positif di depan umum. Menjadi contoh teladan, karena banyak masyarakat akan meniru dan terinspirasi dari perbuatan yang dilakukan oleh idolanya.

Carilah duta-duta yang cerdas dan berahlak baik. Bukan sekadar dahsyat model Raffi dkk tersebut. Tapi dahsyat pula kelakuan miringnya. Seolah negeri ini tidak punya anutan lagi dengan menjadikan artis sebagai duta. Ini namanya duta konyol dan memalukan.

Hentikan cara-cara konyol seperti ini.

***