Ilmu Politik [25] Teori Kontras Pertumbuhan Ekonomi dalam Ilmu Politik Modern

Masih terlalu dini untuk mengatakan ideologi dan model pertumbuhan ekonomi mana yang akan membawa dekade ini dan dekade yang akan datang.

Rabu, 26 Juni 2019 | 13:32 WIB
0
377
Ilmu Politik [25] Teori Kontras Pertumbuhan Ekonomi dalam Ilmu Politik Modern
ilustr: UK Debt Collection News

Teori Kontras dari Pertumbuhan Ekonomi

Dalam literatur tentang ilmu politik modern, ada berbagai teori yang memprediksi bagaimana negara tumbuh secara ekonomi dan politik. Seperti yang telah kita amati sebelumnya, ekonomi politik adalah cabang ilmu politik yang mempelajari evolusi dan perkembangan negara-negara modern dalam hal struktur politik dan ekonomi yang lazim di negara-negara tersebut.

Misalnya, setelah perang dunia kedua, dunia dibagi menjadi dua kubu yang mengemukakan teori-teori pertumbuhan ekonomi yang kontras.

Sementara Amerika Serikat memimpin, blok kapitalis bersikeras bahwa kapitalisme dan pasar bebas adalah cara untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi, blok komunis yang dipimpin oleh Uni Soviet mengambil pendirian yang berlawanan bahwa perencanaan negara, komando yang diarahkan secara terpusat, dan kontrol ekonomi dilakukan. jawaban untuk memecahkan teka-teki pertumbuhan ekonomi.

Di antaranya, kita memiliki negara-negara seperti di Asia yang mengambil jalan tengah di mana ada elemen ekonomi berbasis pasar dan yang direncanakan secara terpusat. Lebih lanjut, karena tidak ada konsensus tentang model mana yang lebih unggul, banyak negara hanya mengikuti model yang menganjurkan kontrol negara yang luas tetapi pada saat yang sama memberikan kelonggaran bagi sektor swasta untuk mengejar model berbasis pasarnya.

Runtuhnya Komunisme dan Berakhirnya Era

Runtuhnya komunisme pada 1990-an mengantar era ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya di sejumlah negara yang mengikuti jalur kapitalis. Negara-negara yang baru merdeka dari bekas Uni Soviet bersama dengan yang dari Eropa Timur segera mendeklarasikan diri mereka sebagai ekonomi kapitalis, seperti halnya Cina, yang telah memulai program membuka ekonominya sejak akhir 1970-an.

Tentu saja, Cina tetap menjadi salah satu misteri abadi dari ekonomi politik modern karena ia mengikuti ekonomi berbasis pasar dengan sistem politik otoriter yang merupakan teka-teki bagi sebagian besar akademisi dan pakar yang menjulukinya "Kapitalisme Merah".

Bersamaan dengan perubahan-perubahan ini, India juga membuka ekonominya meskipun menanggapi krisis neraca pembayaran dan ekonomi domestik yang gagal.

Intinya di sini adalah bahwa pada 1990-an, terbukti bahwa kapitalisme telah memenangkan argumen tentang model pertumbuhan ekonomi mana yang lebih unggul. Dekade ini juga menyaksikan permulaan globalisasi yang memberikan dorongan dan memberi momentum bagi penyebaran kapitalisme global. Dengan kata lain, para kapitalis tidak pernah melakukannya dengan sebaik ini.

Kecelakaan 2008 dan Keraguan atas Kapitalisme
 
Namun, krisis ekonomi global 2008 membuktikan bahwa kapitalisme yang jauh dari satu-satunya model pertumbuhan ekonomi juga mengalami kegagalan. Kecepatan di mana ekonomi Barat hampir runtuh mengejutkan banyak orang dan krisis utang negara di Eropa berarti bahwa negara-negara bangsa modern pun berisiko dan bukan hanya sektor swasta.

Alasan untuk ini adalah bahwa kapitalisme tanpa peraturan seperti koboi berjalan liar tanpa lembaga penegak hukum. Dengan kata lain, meskipun pasar bebas tahu yang terbaik dan memperbaiki diri mereka dari waktu ke waktu, ada kebutuhan untuk mengawasi fungsinya.
 
Lebih jauh, kapitalisme kroni di mana orang kaya memperkaya mereka dengan mengorbankan yang kurang beruntung telah terbukti sebagai kegagalan kapitalisme. Secara bersama-sama, aspek-aspek ini membuktikan bahwa mungkin komunisme atau bahkan sosialisme mungkin akan bangkit kembali dalam pertempuran ideologi.

Seperti yang ditunjukkan oleh pengalaman negara-negara Asia setelah kehancuran tahun 2008, campuran kapitalisme dan kontrol negara yang dipraktikkan di negara-negara seperti Cina dan India, yang membingungkan banyak ekonom barat, mungkin menjadi jawaban bagi ekonomi yang dikendalikan sepenuhnya negara atau sepenuhnya deregulasi kapitalis.
 
Akhirnya, masih terlalu dini untuk mengatakan ideologi dan model pertumbuhan ekonomi mana yang akan membawa dekade ini dan dekade yang akan datang.

Namun, jelas bahwa sebagian besar model dan teori ekonomi telah gagal sebagaimana dapat dilihat dari pembahasan di atas dan karenanya, inilah saatnya bagi generasi sekarang yang akan menjadi ekonom dan manajer masa depan untuk menyusun model pertumbuhan ekonomi. yang akan membangun kembali ekonomi yang hancur.
 
***
Solo, Rabu, 26 Juni 2019. 1:18 pm
'salam kritis penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko