Istana Batutulis Bogor Tempat Megawati Menentukan Capres

Istana Batutulis Bogor tempat Megawati Soekarnoputri membuat keputusan yang sangat penting terkait politik nasional.

Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:09 WIB
0
303
Istana Batutulis Bogor Tempat Megawati Menentukan Capres
Megawati Soekarnoputri dan Jokowi (Foto: detik.com)

"Istana Batutulis Bogor".

Istana Batutulis Bogor, rumah pribadi milik Bung Karno. Bahkan ia berpesan kalau meninggal ingin dikuburkan di bawah pohon yang rindang. Dan tempat yang itu merujuk Istana Batutulis Bogor.

Seperti kita ketahui, Bung Karno tidak punya rumah pribadi sebelum menjadi presiden. Rumah tempat pembacaan teks proklamasi adalah pemberian dan dihancurkan atas permintaan Bung Karno sendiri.

Selama menjadi presiden, Bung Karno lebih banyak tinggal di Istana Negara Merdeka Jakarta dan Bogor. Sampai menjalani tahanan rumah.

Pada waktu meninggal, yang menentukan dikuburkan di Blitar adalah presiden Suharto.

Kembali ke Istana Batutulis Bogor.

Hari Sabtu 8 Oktober 2022 kemarin, Presiden Jokowi bertemu dengan Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor.

Tentu yang dibahas tidak jauh dari isu politik yang sedang menghangat.

Istana Batutulis Bogor sering menjadi tempat Megawati Soekarnoputri untuk membahas atau menentukan langkah politik atau menentukan capres.

Pada tahun 2009, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bersepakat menjadi pasangan capres-cawapres di Istana Batutulis Bogor. Dan dikenal dengan "Perjanjian Batutulis".

Dan sebelum Megawati Soekarnoputri mencalonkan Jokowi sebagai capres 2014, sebulan sebelumnya ada pertemuan di Batutulis Bogor. Setelah itu baru diumumkan.

Begitu juga sebelum pilpres 2019, juga ada pertemuan antara presiden Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor.

Dan setelah presiden Jokowi satu mobil kepresidenan dengan Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Batang, selang beberapa hari, presiden Jokowi bertemu dengan Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor.

Tidak tahu, apakah ada kaitannya pertemuan presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis dengan Ganjar Pranowo yang satu mobil kepresidenan bersama presiden Jokowi.

Istana Batutulis Bogor tempat Megawati Soekarnoputri membuat keputusan yang sangat penting terkait politik nasional.

***