Kim Jong Un Meninggal ?Ah Itu Hoaks, "Aku baik- baik Saja Kok!"

Memahami berita media memang harus bijak. Kalau tidak hanya akan mudah tertipu berita hoaks. Salam damai selalu.

Senin, 4 Mei 2020 | 12:36 WIB
0
210
Kim Jong Un Meninggal ?Ah Itu Hoaks, "Aku baik- baik Saja Kok!"
Kim Jong Un (Foto: inews.id)

Berbagai isu dalam pekan pekan ini tentang keberadaan Kim Jong Un mengemuka. Tiba tiba ada berita hoaks yang mengatakan Kim Jong Un sudah meninggal. Salah satu sebabnya karena gagal kardiovaskuler. Ada yang memberitakan Kim Jong Un Kritis dan sedang dalam perawatan dokter. Rumor itu terus bergulir sehingga menimbulkan perdebatan dan diskusi siapa yang akan menggantikan Kim Jong Un. Maka adik perempuan Kim Jo Yong diunjukmukakan.

 Adiknya adalah wanita sinis jauh lebih berbahaya dari Kim Jong UN. Waooow. Luar biasa Korea Utara yang cenderung tertutup sendiri tetap diam tidak bereaksi. Korsel sendiri menganggap Kim baik baik saja.Ini terindikasi karena tidak ada darurat Militer yang mengindikasikan peristiwa penting sehingga muncul anggapan bahwa pemimpin Korea Utara itu tengah mengalami sakit keras.

Dari mana beritanya? Dari mana bisa disimpulkan bahwa Pemimpin Korea Utara yang terkenal tegas dan menakutkan dengan muka dinginnya saat mengeksekusi lawan politiknya sakit keras?

Dalam kekalutan dunia akibat Korona berbagai isu menyebar begitu cepat. Media sekarangpun berkejaran untuk memberitakan cerita terbaru, heboh dan menggemparkan. Bukannya menggemparkan jika pemimpin Korut yang terkenal sadis itu diberitakan meninggal karena korona misalnya? Sedangkan Korea Utara tidak pernah berita apapun selama beberapa saat mengenai pemimpinnya.

Tiba tiba Kim Jong Un muncul dengan muka segar bugar meresmikan pabrik pupuk. Buyarlah rumor selama hampir tiga pekan tersebut. Kim Jong Un baik – baik saja. Kalau buat lucu lucuan “ Aku datang kalian tertipu  weeee!”Kadang media memang senang membuat berita yang heboh yang membuat jantung pembacanya berdesir. Bagi pembaca yang hanya melihat judul, hanya membaca sekilas akan membagikan berita itu tanpa cek dan ricek. Pokoknya yang heboh pasti renyah dijadikan gosip.

Dari Mana Rumor Kim Jung Un Meninggal?

Bagaimana sih awal mula Gosip Kim Jong Un terakhir Kim muncul di depan umum adalah tanggal 11 April. Ia menghadiri peringatan Hari Buruh, mempimpin pertemuan ditingkat politburo Partai Buruh. KCNA kantor berita Korut selanjutnya tidak pernah merilis berita tentang Kim kecuali tentang aktifitas peniriman pesan diplomatik ke beberapa pemimpin dunia.

Yang menjadi spekulasi besar adalah ketidakhadiran Kim Jong Un di peringatan  ulang tahun mendiang Kakeknya Kim Il Sung  pada 15 April. Spekulasipun merebak dan banyak menduga bahwa Kim tengah sakit keras.Ada Lead berita yang mengatakan Kim Meninggal dunia akibat sakitnya.

Spekulasi muncul dari kunjungan Kim ke Gunung Paektu. Bisa jadi Kim memang sakit keras dan ketika meninggal sengaja tidak diberitakan besar- besar supaya tidak menimbulkan gejolak.

Dari awal karena berita simpang siur maka saya yang sering mengikuti perkembangan berita dunia tidak yakin Kim Jong Un meninggal. Dan karena masih rumor dan tidak jelas beritanya saya mencoba menunggu bagaimana sih sebenarnya fakta tentang Kim Jong Un. Ya ternyata bisa ditebak bahwa dia baik baik saja. Mungkin Kim berpikir seperti kata Cinta di AADC

“Apa yang kau lakukan itu Jahat! Aku yang sehat dibilang mati. Terimakasih dengan demikian saya jadi panjang umur. Hemmm!”

 Hati-hati Menelaan Berita Media

Ya suka – suka Korea Utaralah. Mau menghilang, mau bertapa, mau menutup dari media. Toh beritanya kantor beritanya bisa diatur atur. Beda dengan Indonesia  di mana medianya sangat agresif dan bebas. Mau mengkritik mau menyindir pemerintah bebas. Khan sebagai negara demokrasi maka pemerintah harus siap dengan segala resikonya untuk dikritik dan kadang dibully media dan netizen. Apa kata media jika saja tiba- tiba Jokowi tidak mau diliput media dan menghilang tiga pekan misalnya. Pasti sudah heboh dan berita akan banyak sekali muncul dari mengritik, mencerca, menyudutkan presiden sebagai pemimpin tidak bertanggungjawab.

Media menganggap bahwa Pemimpin menjadi pusat berita sehingga harus selalu tampil dan bekerja untuk menunjukkan pemimpin itu peduli. Banyak kepala dan pemikiran beda. Banyak birokrat, politikus yang memanfaatkan situasi kisruh. Kalau Kim bisa ngomong dengan satu kata dan rakyatnya nurut, beda dengan Indonesia. Satu kalimat bernada otoriter dari pemimpinnya maka akan heboh rakyatnya. Hujan kritikan makian akan datang. Siapapun pemimpin saat ini akan menanggung beban sebagai masyarakat demokratis yang dijamin pendapatnya.

Kim boleh menghilang sesukanya, karena negaranya bisa ia kendalikan. Salah sedikit nyawa melayang, beda sedikit akan menghilang selamanya. Bagaimana dengan Indonesia. Untuk mengatasi Covid -19 saja susahnya luar biasa. Jika Indonesia memutuskan lockdown dari awal seperti apa Indonesia. Dua kemungkinan Rusuh dan muncul pergolakan. Kemungkinan kedua berhasil membungkam masyarakat dan mengikuti instruksi pemerintah. Asal semua kebutuhan hidup ditanggung pemerintah dan TNI dan aparat sangat ketat mengawal Lockdown.

Tidak tertib tembak dan selesai . Itu kalau bentuk pemerintahannya seperti Korea Utara. Maka membayangkan Indonesia lockdown seperti membayangkan film Mission Impossiblenya Tom Cruise. Halu dan susah dibayangkan bisa terjadi. Yang mendekati mungkin gejolak sosial luar biasa masyarakat yang tidak siap dikunci aktifitasnya. Diperlakukan PSBB saja banyak yang melanggar apalagi lockdown bisa meledak emosi masyarakat. Lagian anggaran belanja negara bisa jebol menanggung ratusan juta penduduknya.

“Mas Bro bagaimana sudah ngarep Jong Un Meninggal”

“Ah suka suka dialah. Mau ngilang mau heboh dia sendiri yang menentukan.”

Memahami berita media memang harus bijak. Kalau tidak hanya akan mudah tertipu berita hoaks. Salam damai selalu.

***